3 Desa di Aceh Selatan Raih Penghargaan ProKlim Tahun 2020 Tingkat Nasional

Kamis, 03 Desember 2020 - 14:20 WIB
loading...
3 Desa di Aceh Selatan Raih Penghargaan ProKlim Tahun 2020 Tingkat Nasional
Bupati Aceh Selatan Tgk Amran menyerahkan penghargaan Sertifikat Program Kampung Iklim Utama Tahun 2020 atau ProKlim dari KLHK kepada 3 desa di wilayah Aceh Selatan
A A A
TAPAK TUAN - Bupati Aceh Selatan Tgk Amran menyerahkan penghargaan Sertifikat Program Kampung Iklim Utama Tahun 2020 atau ProKlim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada tiga desa di wilayah Aceh Selatan atas inisiatif, dedikasi, dan komitmen masyarakat dalam mendukung penguatan kapasitas adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

Tiga desa yang mendapat sertifikat Proklim Utama yakni Desa Lawe Cimanuk Kecamatan Kluet Timur, Desa Lawe Melang Kecamatan Kluet Tengah, dan Desa Koto Kecamatan Kluet Tengah. Penyerahan sertifikat bertempat di Desa Lewe Melang Kecamatan Kluet Tengah yang dihadiri seluruh Forkopimda, Rabu (2/12/2020).

Usai menyerakan penghargaan Bupati Aceh Selatan bersama Forum kordinasi pimpinan daerah melakukan penanaman Pohon ketapang di sekitar aliran sungai desa lawe melang kecamatan kluet tengah.

Bupati aceh selatan Tgk Amran menyampaikan sebagai apresiasi Pemerintah telah menganggarkan kegiatan peningkatan tutupan vegitasi di desa ProKlim di Kabupaten Aceh Selatan sebanyak 4500 tanaman buah dan tanaman tahan iklim lainya.

“Kita berharap agar seluruh desa-desa yang lain dapat mencontoh desa yang sudah berhasil mendapatkan sertifikat ProKlim sehingga kedepanya kita akan menambah tanaman buah atau tanaman lainya di Aceh Selatan,” harap Tgk Amran.

Kepala Bidang Tata Lingkungan Asrimaida yang juga Kordinator ProKlim Kabupaten menjelaskan bahwa penghargaan ProKlim Utama tingkat nasional adalah capaian yang sangat luar biasa, mengingat ini kali pertamanya kita mengikuti Festival Program Kampung Iklim.

“Perjuangan panjang serta persiapan lapangan yang penuh dengan tantangan. Kerjasama lintas sektor, kesiapan aparatur desa dan keterlibatan peran serta masyarakat adalah kunci keberhasilan menuju Kampung Iklim,” ungkapnya.

Selain penyerahan sertifikat ProKlim utama Bupati juga menyerahkan sejumlah bantuan dari Yayasan Aceh Hijau berupa sarana cuci tangan pakai sabun kepada fasilitas Kesehatan Sekolah dan Dayah yang ada di Kabupaten Aceh Selatan.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Yayasan Aceh Hijau atas bantuannya, semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya, kita juga berdoa bersama semoga COVID-19 ini cepat berakhir serta kami berpesan kepada semua dewan guru, santriwan dan santriwati untuk selalu mengikuti protokol kesehatan,“ ujarnya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)