Semeru Erupsi, Khofifah Instruksikan Percepat Pengiriman Bantuan Warga Terdampak

Selasa, 01 Desember 2020 - 19:01 WIB
loading...
Semeru Erupsi, Khofifah Instruksikan Percepat Pengiriman Bantuan Warga Terdampak
Gubernur Khofifah Indar Parawansa.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim dan Dinas Sosial Jatim untuk mengirimkan bantuan tenaga, peralatan maupun logistik untuk penanganan warga terdampak erupsi Gunung Semeru, termasuk para pengungsi.

“Bantuan yang diberikan diantaranya mengirimkan dua tenda pengungsian yang dilengkapi dengan Light Tower sebagai penerangan saat gelap. Termasuk juga pengungsian darurat dan dapur umum sedang kita siapkan,” kata Khofifah di Bandara Internasional Juanda, sesaat sebelum melakukan misi dagang ke Palembang, Selasa (1/12/2020).

(Baca juga: BPBD Lumajang Pastikan Pengungsi Gunung Semeru Terapkan Prokes COVID-19 )

Selain tenda dan light tower penerangan dari BPBD Jatim, dirinya juga memerintahkan untuk segera mengirimkan bantuan berupa sembako bagi para pengungsi. Bantuan tersebut terdiri dari 1 ton beras, 500 dos mie instan dan 200 liter minyak goreng. Lalu tambah gizi 120 paket, serta lauk pauk 120 paket. "Posko penguatan dari pemprov menyatu di posko pengungsian yang berada di lapangan Kamar Kajang Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang," imbuhnya.

Ketua Umum PP Muslimat NU itu memerintahkan untuk menyertakan bantuan berupa handsanitizer 20 liter, desinfektan 20 liter, masker 5000 pcs, mobil Rescue 1 unit dan mobil serbaguna 2 unit.



"Untuk membantu penanganan personil Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov Jatim yang akan membawa berbagai peralatan pendukung penanganan bencana juga meluncur ke lokasi," ujarnya.

Instansi terkait, seperti Dinas Sosial pun diharapkan berperan dalam penanganan dampak erupsi tersebut. Instansi tersebut mengirimkan dukungan peralatan dan bantuan logistik berupa tenda pengungsi 2 unit, famili kit 50 paket, kid ware 50 paket, food ware 50 paket, perlengkapan dapur keluarga 50 paket, paket sandang 50 paket, serta kasur 30 buah.

"Bantuan tersebut kita arahkan langsung ke tempat pengungsian. Tentu semua kita koordinasikan dengan Bupati Lumajang," jelas Khofifah.

(Baca juga: Gubernur dan Forkopimda Jatim Perkuat Sinergitas Cegah Kluster Baru Pilkada Serentak )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6376 seconds (0.1#10.140)