Fasilitasi Pembelajaran Saat Pandemi, Karang Taruna Sediakan Ruang Belajar Online

Selasa, 01 Desember 2020 - 02:30 WIB
loading...
Fasilitasi Pembelajaran Saat Pandemi, Karang Taruna Sediakan Ruang Belajar Online
Kegiatan Karang Taruna Patriot di Probolinggo membantu pelajar dan mahasiswa belajar di kala pandemi.Foto/ist
A A A
PROBOLINGGO - Pembelajaran tatap muka selama pandemi COVID-19 hampir tidak ada. Sekolah menjalankan belajar sistem dalam jaringan (daring) internet digencarkan.

Untuk memfasilitasi kebutuhan itu, Karang Taruna (kartar) Patriot DesaBrumbungan Lor, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menyiapkan ruang belajar online (RBO) gratis bagi pelajar dan mahasiswa.

Menurut Ketua Karang Taruna Patriot DesaBrumbungan Lor,FaqihRizky Muhammad mengatakan ruangan belajar online ini mulai dijalankan sejak awal Agustus lalu. Pihaknya memfasilitasi pelajar hingga mahasiswa yang ingin belajar online di perpustakaan setempat tanpa harus pergi ke pusat kota atau warnet.

(Baca juga: Ada Siswa Positif COVID-19, Surabaya Belum Bisa Laksanakan Sekolah Tatap Muka )

“Program RBO menjadi prioritas karena difungsikan kepada warga dan anak-anak yang masih sekolah online. Kami sudah siapkan semua fasilitasnya, seperti gadget, komputer, koneksi internet yang memadai, kami juga siapkan hand sanitizer, dan mentor (pendamping) dari anggota karang taruna di hari-hari libur,” kata Faqih dalam rilisnya, Senin (30/11/2020).

Selama masa pandemi ini kegiatan di perpustakaan maupun di markas karta Heppiii Community ini banyak dibatasi. Contohnya pelayanan buku diberi kebijakan untuk dibawa pulang dengan ketentuan tiga hari sekali pinjam.

Fasilitasi Pembelajaran Saat Pandemi, Karang Taruna Sediakan Ruang Belajar Online


Selain banyak dimanfaatkan oleh pelajar dan mahasiswa, RBO Karta Patriot ini juga banyak digunakan oleh masyarakat umum untuk mengakses internet. Dengan kapasitas akses kecepatan jaringan 20Megabyte per second(MBPS), jaringan di perpustakaan ini cukup bisa diandalkan.

“Sekali penggunaan bisa menampung 10 hingga 15 user. Kalau weekend jumlah yang datang lebih banyak lagi,” ungkapnya.

(Baca juga: Kapolda Jatim Perintahkan Kapolres Gelar Operasi Disiplin Protokol Kesehatan )

Pihaknya berharap ruang belajar online di perpustakaan ini bisa membuat anak-anak muda desa setempat bisa makin produktif serta kreatif dan bertambah heppiii.

Koordinator Heppiii Community Probolinggo Andi Susanto berharap kreativitas anak-anak muda di DesaBrumbungan Lor dengan menyediakan ruang belajar online bisa mempermudah tugas-tugas belajar. Desa-desa lain juga bisa melakukan aksi serupa dengan berbagai bentuk kegiatan yang positif, sehingga keberadaan karta di setiap desa bisa bermanfaat untuk semua pihak.

”Di saat pandemi seperti ini memang harus lebih kreatif, sehingga dengan keterbatasan dan pembatasan yang ada karta masih tetap produktif,” harapnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)