9 Kapal Perang dan Pesawat TNI AL Dikerahkan ke Perairan Dekat Perbatasan China

Rabu, 25 November 2020 - 15:26 WIB
loading...
9 Kapal Perang dan Pesawat TNI AL Dikerahkan ke Perairan Dekat Perbatasan China
Kapal Perang TNI AL saat melakukan latihan di Perairan Natuna Selatan. Foto/Ist.
A A A
MEDAN - Komando Armada (Koarmada) I TNI AL mengerahkan sembilan kapal perang dan satu pesawat udara di perairan Natuna Selatan , yang bersinggungan dengan perbatasan perairan China, Rabu (25/11/2020). (Baca juga: Berusia 78 Tahun, Adik Kandung Wakil Presiden Try Sutrisno Selesaikan Pendidikan Sarjana )

Kapal-kapal perang tersebut dikerahkan untuk Latihan Operasi Dukungan Tembakan. "Dalam mendukung tugas TNI AL , pekan ini Koarmada I menyelenggarakan latihan Operasi Dukungan Tembakan di perairan Natuna Selatan , dan sekitarnya," ujar Pangkoarmada I, Laksda TNI Abdul Rasyid, dikutip dari keterangan tertulisnya Dispen Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan.

Lebih lanjut, laksamana bintang dua ini menjelaskan, latihan ini dilaksanakan untuk mengukur tingkat kemampuan personel, unsur-unsur KRI Koarmada I serta mensinergikan dengan unsur terkait, sebagai unsur pendukung dalam setiap melaksanakan kegiatan operasi.

"Harapannya, melalui latihan bersama ini dapat diperoleh gambaran kemampuan operasional Koarmada I, mulai dari tingkat perorangan maupun satuan dalam melaksanakan dan mendukung tugas-tugas TNI dan TNI AL ," lanjutnya. (Baca juga: Setubuhi dan Bunuh Janda Cantik di Hotel, PNS Gadungan Dibekuk Polres Kolaka )



Koarmada I, menurutnya merupakan komando utama operasional yang mengemban fungsi TNI AL di bidang pertahanan laut, memiliki kewajiban dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Ini merupakan bentuk impelementasi tugas TNI sebagai penangkal dan penindak setiap bentuk ancaman militer, serta ancaman bersenjata yang mengganggu kedaulatan wilayah Indonesia. Gelar Operasi Militer Perang (OMP) Koarmada sangat dipengaruhi oleh kondisi geografis Indonesia, sebagai negara kepulauan," tegasnya.

Latihan ini diakuinya bersifat interoperabilty antar satuan, sehingga dibutuhkan kerjasama taktis unsur latihan yang meliputi komando, pengendalian, dan komunikasi. "Pelaksanaan latihan mengutamakan prosedur secara cermat dan benar guna terwujudnya zero accident," lanjutnya. (Baca juga: Warga Mataram Heboh, Kakek 70 Tahun Asal Jerman Ditemukan Membusuk di Kamar Kosnya )

9 Kapal Perang dan Pesawat TNI AL Dikerahkan ke Perairan Dekat Perbatasan China


Sesuai dengan kebijakan dan prioritas KSAL, Laksamana TNI Yudo Margono yang disampaikan pada Apel Gelar Pasukan TNI AL , bahwa TNI AL harus menjadi kekuatan yang siap dioperasionalkan atau operational ready force.

"Maka sudah menjadi tugas dan tanggung jawab TNI AL untuk membuktikan kepada rakyat dan negara, bahwa TNI AL selalu siap siaga dan dapat diandalkan setiap saat untuk mengawal setiap kebijakan pemerintah dan membentengi kedaulatan negara," tegas Abdul Rasyid.

Pada latihan kali ini, TNI AL mengerahkan sembilan kapal perang yakni KRI Bung Tomo 357, KRI John Lie 358, KRI Sutedi Senoputra 378, KRI Tjiptadi 381, KRI Barakuda 633, KRI Kujang 642, KRI Surik 645, KRI Parang 647, KRI Bubara 868, serta satu pesawat udara yakni Pesud CN-235 P-8303. (Baca juga: Aduh! 5.082 Karyawan Mall Jalani Tes Usap, Hasilnya 180 Positif COVID-19 )

Selama latihan, akan dilaksanakan manuver lapangan dengan materi latihan Communication, Leaving harbour, Mine Field Transit, ADEX, Photex, Screnex, DCEX, AAROFEX, Flashex, OOWEX, NSIC, Prep Gunex, Gunex 1, Gunex 2, Tacman, Asuwex, Aswex, dan Pubex.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2970 seconds (0.1#10.140)