Durasi Waktu Sanggah Paslon Ditambah, Debat Kedua Pilwalkot Diprediksi Sengit

Selasa, 24 November 2020 - 10:29 WIB
loading...
Durasi Waktu Sanggah Paslon Ditambah, Debat Kedua Pilwalkot Diprediksi Sengit
Debat kandidat kedua Pilwalkot Makassar tetap akan digelar di Jakarta, dan akan disiarkan langsung iNews, Selasa (24/11/2020) malam. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Perang argumen antarpasangan calon (palson) diprediksi sengit di debat kedua Pilwalkot Makassar 2020 . Apalagi, penyelenggara menambah durasi saling sanggah, dengan mengangkat tema reformasi birokrasi, pelayanan publik, penataan kawasan perkotaan dan ekonomi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar melakukan evaluasi pada debat kedua Pilwalkot 2020 yang berlangsung di Jakarta, Selasa (24/11) malam ini. Khususnya memperbaiki teknis debat publik dalam hal durasi pemaparan ide dan gagasan Paslon.

Komisioner KPU Kota Makassar , Endang Sari mengatakan, paslon dipersilakan menjawab pertanyaan panelis dengan durasi 1 menit 30 detik. Sesi ini bisa dimanfaatkan paslon sekaligus memaparkan program unggulannya.

“Setelah itu, paslon selanjutnya meyanggah (dengan durasi) 45 detik. Sebelumya kan (di debat pertama) hanya 30 detik,” ucapnya, kemarin.



Setelah tiga paslon lainnya menyanggah dan memberi pertanyaan, maka paslon yang bersangkutan akan menjawab tiga pertanyaan paslon lainnya sekaligus dengan durasi 1 menit 30 detik. Durasi sesi ini ditambah 1 menit dibanding pada debat pertama.

“Kemudian sampai ke paslon yang menjawab pertanyaan tadi, akan diberi durasi 1 menit 30 detik. Sebelumnya kan hanya 30 detik, jadi sudah lama durasinya,” kata Endang.

Tak hanya itu, Endang menuturkan, panelis juga akan menyiapkan empat pertanyaan untuk masing-masing sub tema. Sehingga satu pertanyaan masing-masing akan dijawab satu paslon.

Berbeda pada debat pertama sebelumnya, hanya satu pertanyaan dari panelis yang dijawab oleh seluruh paslon secara bergantian. "Jadi ada undian urutan untuk menjawab, bukan lagi sesuai urutan nomor urut paslon,” bebernya.

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Ali Armunanto mengapresi langkah evaluasi KPU Kota Makassar pada debat kedua ini. Kata dia, durasi saling sanggah memang perlu diperpanjang agar paslon bisa mengeksplor programnya dengan maksimal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5244 seconds (0.1#10.140)