Bisnis Kuliner Dapat Kucuran Rp28 Miliar, Ini Kata Gibran

Selasa, 24 November 2020 - 05:44 WIB
loading...
Bisnis Kuliner Dapat Kucuran Rp28 Miliar, Ini Kata Gibran
Gibran Rakabuming Raka.Foto/dok
A A A
SOLO - Startup kuliner Mangkokku milik Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep bersama juri masterchef Indonesia Arnold Poernomo serta pengusaha Randy Kartadinata mendapat kucuran dana 2 juta dollar dari perusahaan modal ventura Alpha JWC Ventures. Kucuran stratup kuliner dua anak Joko Widodo tersebut serata dengan Ro28 miliar. Lalu apa kata Gibran?

“Ini hadiah untuk Kaesang sebelum saya limpahkan semua tanggungjawab kepada Kaesang,” ujar Gibran Rakabuming Raka usai Sarasehan Keluarga Besar Partai Bulan Bintang (PBB) di Gedung Djuang 45 Solo, Senin (23/11/2020) malam.(Baca juga: Bisnis Kuliner Dapat Kucuran Rp28 Miliar, Gibran-Kaesang Panen Nyinyiran Netizen )

Gibran mengaku saat ini merupakan hari hari terakhir dirinya sebelum 100 persen terjun ke dunia politik. Sehingga, kucuran pendanaan ventura Alpha JWC Ventures merupakan hadiahnya untuk Kaesang dan partner bisnisnya.

Diharapkan, Mangkokku yang mengkhususkan diri dalam menyajikan rice bowl tahun depan bisa meroket. Kerjasama bisnis bersama rekan membuatnya sedikit memberi kelonggaran dan bisa fokus ke politik.

Saat ini, Gibran Rakabuming Raka menjadi Calon Wali Kota Solo yang diusung PDIP. Dalam pengelolaan bisnis, lanjut Gibran, Kaesang Pangarep kini lebih ke operasional. “Kalau saya pengawasan saja, kontrol dari jauh,” ucap Suami Selvi Ananda ini.(Baca juga: Indrajid Mengaku Tiduri 2 Korbannya Puluhan Kali, Kadang Bersamaan Istri )

Ke depan bisnis akan dikelola oleh Kaesang Pangarep, dan beberapa partnernya. “Kalau Mangkokku khan empat orang,” urainya. Kaesang, kata Gibran, sebagai anak muda harus bisa menggerakkan anak anak muda lain untuk bisa memiliki jiwa kewirausahaan.

“Dan namanya peluang di tengah pandemi seperti ini banyak sekali,” tegasnya. Seperti bisnisnya di tengah pandemi Covid-19 justru menambah cabang banyak dan dapat investasi. Pandemi Covid-19 diharapkan jangan dilihat dari jeleknya saja.

Namun sebuah kesempatan untuk berinovasi dan beradaptasi. Tips yang dilakukan antara lain menerapkan cloud kitchen, menggerakkan e-commmerce, menggerakkan marketplace, Go Food, Grab Food dan lainnya.( )

“Semuanya kita genjot, meskipun makan di tempat dilarang karena PSBB, kita bisa menggenjot di sisi delivery-nya. Jangan dilihat sebagai sebuah hambatan, kita lihat sebuah peluang, ” lanjutnya.

Pihaknya dipercaya Alpha JWC Venture karena Mangkokku adalah brand F&B yang cukup resilient di era pandemi Covid-19. Bukan Cuma bertahan di era pandemi, namun masih bisa membuka cabang baru di tengah masa sulit seperti ini.

“Harapannya ke depan bisa membuka cabang di seluruh Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan lebih banyak lagi. Kami saat ini sudah memiliki 22 cabang,” pungkasnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2080 seconds (0.1#10.140)