Asyik, Siswa SMA/SMK di Kota Bandung Dapat Bantuan Rp2 Juta

loading...
Asyik, Siswa SMA/SMK di Kota Bandung Dapat Bantuan Rp2 Juta
Sebanyak 16.553 siswa SMA dan SMK di Kota Bandung, kategori rawan melanjutkan pendidikan (RMP) bakal mendapatkan bantuan pendidikan sebsar Rp2 juta. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
BANDUNG - Sebanyak 16.553 siswa SMA dan SMK di Kota Bandung, Jawa Barat kategori rawan melanjutkan pendidikan (RMP) bakal mendapatkan bantuan keuangan dari Pemkot Bandung untuk pendidikan mereka.

Kepastian terealisasinya bantuan pendidikan ini setelah Pemkot Bandung melakukan pendatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat. Kerja sama ini menjadi landasan regulasi bagi Pemkot Bandung untuk menyerahkan bantuan bagi siswa RMP di tingkat SMA dan SMK swasta. (Baca juga: Dimulai 2021, Mendikbud Beberkan Pertimbangan Izin Belajar Tatap Muka)

Nantinya, total bantuan keuangan yang dititipkan Pemkot Bandung kepada Disdik Jabar senilai Rp33,1 miliar. MoU perlu dilakukan lantaran pengelolaan SMA/SMK ada di bawah Pemerintah Provinsi. (Baca juga: KH Anwar Musaddad, Ulama Besar yang Kerap Merepotkan Pasukan Belanda)

Besaran bantuan keuangan ini, masing-masing siswa RMP akan mendapatkan senilai Rp2 juta. Jumlah penerimanya sebanyak 4.515 orang siswa di 71 SMA swasta dan 12.038 siswa di 99 SMK swasta di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, penandatanganan kerja sama ini menjadi bagian dari upaya Pemkot Bandung untuk menjamin keamanan bantuan dari sisi regulasi. Sehingga pemberian bantuan keuangan tak sampai berbuntut pada masalah lantaran ada yang kurang sesuai dengan aturan.



"Alhamdulillah, kita diskusikan dan konsultasikan ke berbagai institusi semacam kementerian dan lainnya, dan sekarang sudah selesai. Semoga cepat tersalurkan," kata dia.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdik Jawa Barat, Yesa Sarwedi sangat mengapresiasi keseriusan Pemkot Bandung dalam memprores bantuan keuangan bagi siswa RMK. Menurutnya, Kota Bandung menjadi daerah pertama dan satu-satunya di Jawa Barat yang ikut memberikan bantuan bagi siswa RMP di tingkat SMA dan SMK swasta.

"RMP itu kurang lebih 20 persen ada di Kota Bandung. Tapi kita berterima kasih kepada Kota Bandung yang sudah mulai membantu RMP siswa SMA dan SMK," katanya. Dia memperkirakan, bantuan akan dicairkan pada Desember mendatang. "Kita sedang proses ke BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah)," tambahnya.
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top