Hasil Riset, Akhyar-Salman Tetap Bertengger di Posisi Teratas

Sabtu, 21 November 2020 - 14:18 WIB
loading...
Hasil Riset, Akhyar-Salman Tetap Bertengger di Posisi Teratas
Debat terbuka II Pilkada Medan akan digelar hari ini Sabtu (21/11/2020) di Hotel Grand Mercure Medan pada Pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB. (Grafis/SINDOnews/Maspuq)
A A A
MEDAN - Jelang debat ke-II Pilkada Medan, hasil Riset Roda Tiga Konsultan posisi kecenderungan (preferensi) pemilih masih tetap mengidolakan pilihan kepada pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Medan pasangan calon (paslon) nomor urut 01, H.Akhyar Nasution - H.Salman Alfarisi. BACA JUGA : Malam Ini, Debat II Pilkada Medan Akan Mengulas Peningkatan Pelayanan Publik dan Persoalan Daerah

Sedangkan priferensi Paslon nomer urut 02, Muhammad Bobby Afif Nasution - H. Aulia Rachman masih jauh berada di bawah pasangan Akhyar Nasution - H. Salman Alfarisi, yang tetap bertengger paling teratas.

Direktur Riset Roda Tiga Konsultan, Muh.Taufiq Arif dalam rilisnya Jumat (20/11/2020)malam mengatakan, sebagai lembaga yang memiliki visi membantu terciptanya budaya politik demokrasi Indonesia yang maju dan modern, telah melakukan survei cepat di Kota Medan.

Survei cepat ini dilakukan pada tanggal 8 sampai 11 November 2020, dengan melibatkan 810 responden yang tersebar di seluruh Kecamatan se-Kota Medan secara proporsional. Sehingga, Margin of Error (MoE) di sekitar 3.53% dan Confidence Level 95%. BACA JUGA : Jelang Debat Pilkada, Ekonom USU Ungkap Penyebab Investor Enggan Masuk Medan

Survei cepat ini meminta responden untuk melakukan simulasi pencoblosan surat suara spesimen. Hal ini bertujuan untuk melihat preferensi pemilih terhadap kedua pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Medan.

Dari hasil simulasi diperoleh pasangan H.Akhyar Nasution dan H.Salman Alfarisi memperoleh nilai elektoral 53,1%, sedangkan pasangan Muhammad Bobby Afif Nasution dan H.Aulia Rachman dengan nilai elektoral 37,3%. Sisanya menolak melakukan simulasi 9,6%.

Selain melakukan simulasi surat suara, dalam survei juga ditanyakan langsung kepada responden, “Jika Pemilihan dilaksanakan pada hari ini siapa yang akan dipilih dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan?”. Hasilnya tidak begitu berbeda dengan hasil simulasi pasangan nomor urut 01 meraih nilai elektoral yang konsisten dengan hasil simulasi 53,1%, sedangkan untuk pasangan nomor urut 02 meraih nilai elektoral 37,9%, terpaut gap 15,2% dengan pasangan no urut 01. Sedangkan sisanya menjawab rahasia 7,3% dan tidak tahu/tidak menjawab 1,7%.
(zai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)