Habib Ahmad bin Zein AlKaff Meninggal Dunia, Ini Kiprahnya

Senin, 11 Mei 2020 - 09:01 WIB
loading...
Habib Ahmad bin Zein AlKaff Meninggal Dunia, Ini Kiprahnya
Habib Ahmad bin Zein Alkaff semasa hidup.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Ketua Majelis Syuro Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) Pusat Habib Ahmad bin Zein AlKaff meninggal dunia, Minggu (10/5/2020) malam. Almarhum meninggal di Rumah Sakit Al Irsyad Surabaya dalam usia 78 tahun karena sakit.

Informasinya, sejak Sabtu 2 Mei 2020 almarhum mengeluh sakit, diduga kecapekan dan sempat dibawa ke rumah sakit. Pada Selasa 5 Mei 2020 dites darah dan dinyatakan gula darahnya tidak stabil. Selanjutnnya dipindah di ruang ICU RS Al Irsyad.

Pada Minggu 10 Mei 2020 pukul 17.00 WIB, kondisi Habib Ahmad Zein AlKaff drop hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhir pukul 18.00 WIB. Jenazahnya akan dimakamkan di TPU Pegirian setelah disalatkan di Masjid Ampel.

Diketahui, selama hidup almarhum pernah berkhidmat di NU Jawa Timur. Selain itu juga menjadi penasihat Majelis Ulama Indonesia dan tokoh sesepuh di kalangan warga keturunan Arab di Surabaya.

"Almarhum pernah berkhidmad di NU sebagai mustasyar," ujar Sekretaris PWNU Jatim Akhmad Muzakki kepada sindonews.com, Senin (11/5/2020).

Menurut Zaki yang juga guru besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya ini, Habib Ahmad bin Zein AlKaff merupakan sosok yang punya perhatian besar pada keumatan. "Beliau ringan tangan dan kuat dalam menjaga keislaman umat," tambah Zaki.

Sejumlah tokoh takziah ke rumah duka di Jalan Petukangan, Surabaya. Di antaranya Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr M Fadil Imran dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah.

"Bapak Pangdam tadi malam takziah ke rumah duka didampingi para asisten Kodam. Beliau menyampaikan duka mendalam," ujar Kepala Penerangan Kodam V Brawijaya Kolonel Imam Hariyadi.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8991 seconds (0.1#10.140)