Bupati Mathius Serahkan Sembako dan ADK untuk Tiga Distrik Pesisir

Minggu, 10 Mei 2020 - 19:24 WIB
loading...
Bupati Mathius Serahkan Sembako dan ADK untuk Tiga Distrik Pesisir
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat memberikan ADK kepada para Kepala Kampung di Distrik Depapre, Yokari dan Ravenirara.
A A A
SENTANI - Upaya Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam penanggulangan bencana nonalam (Covid-19) masih terus dilakukan. Selain mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga dan mengikuti protokol kesehatan, upaya lain yang dilakukan adalah memberikan bekal bagi masyarakat untuk mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki di setiap Kampung.

Berkenan dengan hal tersebut, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw telah menyerahkan ratusan paket sembako dan Alokasi Dana Kampung (ADK) sebesar Rp100 juta per kampung kepada para kepala kampung yang tersebar di tiga distrik di wilayah pesisir Depapre, Yokari dan Ravenirara.

Pembagian paket sembako dan pemberian ADK sebesar Rp100 juta per kampung itu dilakukan di Balai Serbaguna Kantor Distrik Depapre, Sabtu (9/5/2020). Dalam sambutannya, Bupati Awoitauw meminta kepada para kepala distrik dan kepala kampung untuk mengelola ADK yang diterima dengan sebaik mungkin bagi kepentingan masyarakat, termasuk dalam mengelola SDA yang dimiliki saat ini.

“Sembako dan alokasi dana kampung saat ini sebagai bekal saja bagi masyarakat untuk kembali ke kebun, ke laut untuk mengolah potensi yang dimilki,” ujar Bupati Awoitauw.

Bupati juga menegaskan kepada Kepala Distrik, Kepala Kampung dan masyarakat untuk melupakan apa yang disebut dengan proyek-proyek pekerjaan, baik di tingkat distrik maupun kabupaten. “Semua pekerjaan saat ini semuanya bersifat padat karya, dengan memberdayakan masyarakat asli di kampung masing-masing dengan alokasi anggaran yang dimiliki,” jelasnya.

Dalam penanganan masa Covid-19 saat ini, warga kampung tetap beraktivitas di kampungnya masing-masing. Fasilitas penunjang yang dibutuhkan dalam mengolah potensi sumber daya alamnya dapat dikoordinasikan dengan kepala kampung, distrik bahkan dinas terkait. “Masing-masing instansi terkait akan menyiapkan fasilitas pendukung, seperti bibit tanaman dan fasilitas pendukung lainnya. Tinggal dikoordinasikan saja,” ucap Bupati.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Rudi Saraghi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan BBM bagi kelompok nelayan yang tersebar di Kabupaten Jayapura sebanyak 5.600 liter. “Ada 178 kelompok yang diberikan bantuan BBM, dan masing-masing kelompok akan mendapatkan 200 liter. Untuk distrik di wilayah pesisir seperti Depapre ada 56 kelompok, Ravenirara 36 kelompok, Yokari 53 kelompok, dan Demta 43 kelompok,” ungkapnya.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5433 seconds (0.1#10.140)