Ikan Duyung Terdampar di Tepi Pantai, Warga Konawe Kepulauan Heboh

Selasa, 17 November 2020 - 09:02 WIB
loading...
Ikan Duyung Terdampar di Tepi Pantai, Warga Konawe Kepulauan Heboh
Petugas BKSDA Sulawesi Tenggara, mengevakuasi Ikan Duyung atau Ikan Dugong yang terdampar di tepi pantai. Foto/iNews TV/Febriyono Tamenk
A A A
KONAWE - Warga Desa Bahaba, Kecamatan Wawonii Tenggara, Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara , digegerkan dengan penemuan seekor ikan duyung atau dugong yang terdampar di tepi pantai. (Baca juga: Gelar Razia Mendadak, Polres Minahasa Selatan Sita Puluhan Botol Miras Cap Tikus )

Warga berupaya untuk membawa ikan tersebut ke tengah laut, namun upaya itu gagal karena ikan duyung tetap saja kembali ke tepi. Akhirnya warga melaporkan kejadian tersebut ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara .

" Ikan duyung itu ditemukan terdampar di tepi pantai. Warga berusaha membawanya ke tengah laut agar tidak mati. Namun ikan itu selalu kembali ke tepian," ujar salah seorang warga, Syawaludin.



Setelah tim BKSDA Sulawesi Tenggara , tiba di lokasi, langsung melakukan evakuasi ikan duyung tersebut. "Kami sempat melakukan perawatan, karena pada bagian ekor ikan duyung terdapat luka," ujar Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sulawesi Tenggara , La Ode Kaida. (Baca juga: Pandemi COVID-19 Diprediksi Bakal Gerus 'Serangan Fajar' Politik Uang di Pilkada )

Ikan duyung atau dugong merupakan satwa yang di lindungi, di mana habitatnya saat ini mulai jarang ditemukan. Sebelum dilepas liarkan petugas BKSDA Sulawesi Tenggara akan melakukan perawatan, untuk penyembuhan luka di ekor ikan duyung tersebut.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5759 seconds (0.1#10.140)