Beruang Madu Gemparkan Warga Agam, Kepergok Saat Memanjat Pohon Durian

Selasa, 17 November 2020 - 06:57 WIB
loading...
Beruang Madu Gemparkan Warga Agam, Kepergok Saat Memanjat Pohon Durian
Beruang madu kembali muncul di pemukiman warga di kawasan Jalan Raya Kelok Ampek Puluah Ampek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Foto/iNews TV/Wahyu Sikumbang
A A A
AGAM - Beruang madu muncul di dekat permukiman warga. Bahkan, ada warga yang melihatnya sedang memanjat pohon durian yang sedang berbuah. Melihat ada warga yang datang, satwa dilindungi tersebut langsung lari ke area persawahan. (Baca juga: Keterlaluan, 2 Jambret Ini Incar Ponsel Pelajar yang Belajar Daring )

Petugas BKSDA Resor Agam , menemukan jejak cakaran pada pohon durian lalu memasang perangkap evakuasi. Dalam tujuh bulan terakhir, beruang yang sama sering terlihat oleh warga. Awal Oktober lalu, video kemunculan beruang ini sedang melintas di sawah warga menjadi viral.

Kemunculan beruang madu berjalan di sawah, dan hendak melintas di jalan kampung Kelok 35, di Kabupaten Agam , Sumatera Barat, sempat terekam oleh kamera warga. Videonya sempat menghebohkan dunia maya.

Kembali munculnya beruang dipergoki warga di kawasan permukiman Kelok 42, Jorong Kuok Tigo Koto, Nagari Matua Mudiak, Kecamatan Matur. Lokasi ini hanya berada 7 tikungan (kelok) dari Kelok 35. (Baca juga: Rudy Sufariadi Dicopot Dari Kapolda Jabar, Rumah Dinasnya Langsung Lengang )

Salah seorang warga setempat, Novrizal (28) menyebutkan, beruang yang sama telah beberapa kali terlihat oleh warga, terakhir pada Minggu (15/11/2020). "Pada malam hari saya bersama ayah saya sempat melihatnya," tuturnya.



Saat itu Novrizal akan mencari buah durian yang jatuh ke tanah di sekitar pohon durian yang sedang berbuah di kebunnya. "Saat melihat ke atas pohon, ternyata ada beruang sedang memanjat pohon durian. Beruang tersebut langsung turun dan berlari ke sawah," tuturnya.

Kemunculan beruang ini disampaikan ke warga lain, lalu dilaporkan ke petugas BKSDA Resor Agam . Tim petugas pengendali ekosistem hutan BKSDA Resor Agam , mendatangi lokasi dan menemukan jejak berupa cakaran beruang madu pada pohon durian. (Baca juga: Kapolda Maluku Utara Terseret Gerbong Mutasi, Pindah Jadi Kapolda Kalsel )

Kepala BKSDA Resor Agam , Ade Putra menyebutkan, dari identifikasi di lapangan dan keterangan saksi warga, beruang yang sama telah beberapa kali terlihat. "Pada Jumat (13/11/2020) Wali Nagari setempat juga melaporkan munculnya keberadaan beruang di Kampung Ambalau, Jorong Sidang Tangah," ungkapnya.

Berdasarkan jejak cakaran dan keterangan warga, diyakininya beruang ini adalah beruang madu yang sama dengan beruang yang video kemunculannya sempat viral di media sosial. "Kami memutuskan untuk evakuasi satwa dengan menggunakan box trap atau perangkap, mengingat satwa sudah muncul beberapa kali," ujarnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6307 seconds (0.1#10.140)