Simpan Sabu-Sabu di Dubur, 2 Penumpang Pesawat Diringkus di Hang Nadim

Senin, 16 November 2020 - 13:40 WIB
loading...
Simpan Sabu-Sabu di Dubur, 2 Penumpang Pesawat Diringkus di Hang Nadim
Untuk kesekian kalinya Petugas Bea Cukai Batam berhasil menggagalkan percobaan penyelundupan narkotika jenis sabu di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. SINDOnews/Dicky
A A A
BATAM - Untuk kesekian kalinya Petugas Bea Cukai Batam berhasil menggagalkan percobaan penyelundupan narkotika jenis sabu di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam. Kali ini, petugas mengamankan sabu seberat 543,5 gram, Jumat (13/11/2020)

Sabu tersebut dimasukkan ke dalam dubur dua pria yakni S (40) dan SH (27) calon penumpang pesawat dengan rute perjalanan Batam-Surabaya-Lombok. "Masing masing sabu seberat 216,8 gram dan 326,7 gram, disembunyikan di dalam dubur dua pria yakni S (40) dan SH (27)," ujar Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi M Rizki Baidillah, Senin (16/11/20).

Dijelaskan, berdasarkan informasi masyarakat yang berhasil dikembangkan dalam Operasi Laut Interdiksi
Terpadu 2020, diketahui akan ada pengiriman narkotika jenis sabu yang dibawa oleh kurir dengan menggunakan pesawat. "Mendalami informasi tersebut, tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Bea Cukai Batam melakukan operasi gabungan bersama," ungkapnya. (Baca: Tabrak Kijang, Pengendara RX King Meregang Nyawa).

Selanjutnya, pada Jumat (13/11/20) sekitar pukul 07.00 WIB, berawal dari kecurigaan petugas terhadap seorang penumpang pria inisial S saat melewati pemeriksaan X-ray, Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional Hang Nadim. "Petugas memberikan beberapa pertanyaan pada S, namun penumpang tersebut memberikan jawaban yang kurang jelas," katanya.

Saat diperiksa, S diketahui bersama rekannya seorang pria yakni SH. Karena mencurigakan, keduanya dibawa petugas ke Hanggar Bea Cukai untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Petugas Bea Cukai melakukan tes urine kepada kedua tersangka, dengan hasil kedua tersangka diketahui positif mengkonsumsi sabu dan sekitar pukul 08.20 WIB. Keduanya digiring ke RS Awal Bros untuk dilakukan scan radiologi dan hasilnya terlihat ada bungkusan di dalam dubur keduanya," jelasnya. (Baca: Polda Jatim Masih Selidiki Penyebab Kebakaran di Ruang RTMC).

Selanjutnya, dari hasil scan tersebut menunjukkan tersangka S menyimpan dua bungkus sabu, sedangkan tersangka SH menyimpan tiga bungkus sabu di duburnya. Kedua tersangka dan barang bukti diserahkan ke Badan Narkotika Nasional untuk dilakukan pengembangan.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)