JK Minta HMI Jayapura Konsisten Lakukan Pengkaderan

Sabtu, 14 November 2020 - 20:32 WIB
loading...
JK Minta HMI Jayapura Konsisten Lakukan Pengkaderan
Mantan Wapres RI, Jusuf Kalla, saat hadir dan berbicara di hadapan pengurus dan kader HMI Cabang Jayapura di Kotaraja, Jayapura, Sabtu (14/11/2020). Foto: SINDONews/Edy Siswanto
A A A
JAYAPURA - Mantan Wakil Presiden (Wapres) RI, M Jusuf Kalla (JK) meminta Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jayapura terus konsisten melakukan pengkaderan dan memegang teguh prinsip-prinsip persatuan dan kesatuan, harmonisasi, peningkatan keilmuan dan keimanan selaras dengan pergerakan sebagai aktivis.

Hal tersebut disampaikan JK di hadapan pengurus dan kader HMI Cabang Jayapura di Kotaraja, Jayapura, Sabtu (14/11/2020) siang. “Saya masuk HMI tahun 1960 di Makassar. Kita sangat berbahagia bahwa HMI di Papua ini berkembang dengan baik, tentunya pembinaan anggota LK (Latihan Kepemimpinan) I dan seterusnya bisa diselenggarakan dan terus dilakukan untuk organisasi,” kata JK. (Baca Juga: JK Sebut Dialog Cara Terbaik Selesaikan Permasalah Papua)

JK juga mengapresiasi sekaligus memberikan wejangan kepada seluruh kader HMI untuk turut bersama membangun Papua kearah yang lebih baik. “Anda adalah orang Papua juga karena tinggal di Papua, yang harus bekerja sama dengan seluruh masyarakat Papua untuk kemajuan Papua. Kalian adalah mahasiswa, jadi harus belajar dengan baik dan harus pintar.Beri contoh kepada yang lain,” ucapnya.

Mantan Wapres untuk dua presiden ini juga menekankan kepada kader-kader HMI di daerah itu agar selalu mempegang teguh prinsip-prinsip HMI, jangan dilupakan kalau perlu ditingkatkan. (Baca Juga: JK Pertegas Dukungan, Sebut Appi Penerusnya di Makassar)

“Menjadi aktivis itu bukan beban, namun juga pembelajaran kepemimpinan. Dan kader HMI harus memahami ini. Saya kuliah mundur setahun karena urus HMI, urus mahasiswa dan lainnya. Namun saya ujung-ujungnya jadi Wapres,” katanya disambut tepuk tangan seluruh kader.

JK mengakui jika ilmu yang diperoleh selama di HMI mampu memberikan pembelajaran berharga dalam memimpin organisasi. Dan diakuinya tidak akan didapatkan di bangku kuliah. “Latihan-latihan kepemimpinan itu justru tidak didapat di bangku kuliah. Jadi saya harap yangsenior-senior ajar adik-adik Anda dengan baik. Sehingga ke depan Papua ini banyak melahirkan tokoh-tokoh yang hebat dan dari HMI. Karena Papua akan maju dengan peningkatan SDM-nya, meski juga kaya akan SDA,” ucapnya.

Dia juga mengapresiasi toleransi keagamaan yang tinggi di Papua. Malah JK meminta HMI Cabang Jayapura sering menggelar diskusi bersama organisasi lain di sekretariat HMI Cabang Jayapura. (Baca Juga: Dituduh Rizal Ramli Kerap Menjegal, JK Malah Tertawa dan Kasihan)

“Jadi undang dari berbagai organiasai rapat di sini, supaya merajut kebersamaan dan persatuan. Perkuat tali persaudaraan dengan seluruh komponen masyarakat,” ungkapnya.

Untuk diketahui, selain mengunjungi sekretariat HMI, JK juga sebelumnya melakukan pertemuan di Kantor PMI Provinsi Papua di Jayapura. Selanjutnya JK melakukan pertemuan dan pengukuhanpengurus Dewan Masjid Provinsi Papua di Hotel Horison Abepura.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)