Miliki Lab PCR Mandiri, RS di Karawang Siap Tangani Pasien COVID-19

Kamis, 12 November 2020 - 09:46 WIB
loading...
Miliki Lab PCR Mandiri, RS di Karawang Siap Tangani Pasien COVID-19
Rumah Sakit Mandaya, Karawang.
A A A
KARAWANG - Mengikuti anjuran Pemkab Karawang , agar rumah sakit swasta (RS) memiliki fasilitas PCR Swab Test untuk melayani pasien COVID-19 yang terus meningkat, RS Mandaya Karawang telah memiliki laboratorium PCR mandiri.

Fasilitas PCR Swab Test ini menggunakan metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), yaitu pemeriksaan baku emas untuk diagnosis COVID-19. Mulai Kamis (12/11/2020) ini masyarakat sudah bisa memanfaatkan fasilitas laboratorium PCR mandiri di rumah sakit Mandaya yang berada di Karawang Barat.

Menurut Marketing Komunikasi RS Mandaya, Hilman mengatakan rumah sakit Mandaya Karawang berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam mendukung pemerintah menangani kasus COVID-19 yang masih terus meningkat di Karawang dan sekitarnya. Dengan memiliki fasilitas laboratorium PCR mandiri ini rumah sakit Mandaya sudah siap melayani masyarakat yang terpapar COVID-19. (Baca juga: Kebutuhan Darah di Purwakarta Tinggi, Sebulan Butuh 800 Kantong )

"Mulai hari ini sudah bisa melayani masyarakat, apalagi kabarnya rumah sakit rujukan pemerintah sudah penuh akibat tingginya masyarakat yang terpapar COVID-19," kata Hilman, Kamis (12/11/2021).

Hilman mengatakan dengan adanya laboratorium PCR mandiri, rumah sakit Mandaya Karawang dapat melakukan pemeriksaan langsung di laboratorium in house, tanpa perlu mengirimkan sampel ke laboratorium rujukan sehingga hasil PCR dapat selesai lebih cepat (dalam 2 hari kerja). "Hasilnya bisa lebih cepat diketahui karena perlu mengirim sampel di laboratorim rujukan hingga harus mengantri berhari-hari," katanya.(Baca juga: Kasus Positif COVID-19 di Majalengka Naik, Jumlah Meninggal Bertambah )

Menurut Hilman rumah sakit Mandaya Karawang juga menyediakan dua jenis pelayanan pemeriksaan yaitu langsung di laboratorium in-house atau drive thru. "Masyarakat bisa memilih jenis layanan ini sesuai kebutuhan dan kami siap melayani," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)