Kotak Suara untuk Pilkada Ngada Kurang dan Rusak

loading...
Kotak Suara untuk Pilkada Ngada Kurang dan Rusak
Petugas memeriksa kotak suara yang rusak.Foto/Joni
NGADA - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Ngada mulai mendatangkan logistik Pilkada Kabupaten Ngada 9 Desember 2020. Dari total 348 kotak suara, terdapat 15 kotak rusak dan ada kekurangan 9 kotak lagi.

Kotak tersebut dibuat pihak penyedia yaitu PT Asada Pitra PAC Kindo Surabaya yang diantar menggunakan ekspedisi dari Surabaya.

"Kita kembalikan yang rusak dan dibuatkan berita acara. Penyedia bertanggung jawab atas kekurangan dan kerusakan tersebut," kata Sekretaris KPU Ngada, Aryans T. Fanu.(Baca juga: Timses Bupati Pelalawan Diduga Kendalikan Jaringan Narkotika Internasional )

Dijelaskan, kotak suara tersebut sesuai jumlah TPS di NGada. Selain kotak, logistik yang sudah ada yaitu tinta berjumlah 714 dos yang didatangkan PT Temprina Media Grafika Gresik. Jumlah ini dihitung setiap TPS mendapat 2 dos tinta. Untuk surat suara dicetak PT Puri Panca Pujibangun, Surabaya.



Anggota KPU Kabupaten Ngada, Saiful Amri juga staf Sekretariat KPU dan anggota Bawaslu Kabupaten Ngada sedang berada di Surabaya untuk menyerahkan desain surat suara di perusahaan penyedia pencetakan surat suara.

Ketua KPU Ngada, Stanis Neke menjelaskan, pengadaan logistik merupakan ranah sekretariat KPU. Pihaknya tetap melakukan pengawasan agar tepat jumlah, tepat waktu juga mutu.(Baca juga: Perekam Video Kampanye Menggunakan Atribut TNI Bakal Diperiksa Polisi )

Diharapkan 2 minggu sebelum penyelenggaraan pilkada seluruh logistik sudah di gudang untuk dilakukan penyortiran dan pendropingan masing-masing TPS.



Dikatakan, jumlah surat suara yang dicetak sesuai dengan jumlah DPT Pilkada Ngada 2020 sebanyak 111.416 DPT yang ditambah 2,5 persen di setiap TPS yang tersebar di 12 Kecamatan 151 desa/ kelurahan dan 357 TPS.
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top