Meski Pandemi COVID-19, Penjualan Sekar Bumi Tumbuh 57%

Selasa, 10 November 2020 - 18:54 WIB
loading...
Meski Pandemi COVID-19,...
Direktur PT Sekar Bumi Tbk Howard Ken Lukminto menerima penghargaan Primaniyarta Award dari Kemendag. Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - PT Sekar Bumi Tbk hingga triwulan III 2020 membukukan penjualan hingga Rp2,2 triliun. Capaian itu naik 57% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp1,4 triliun. Hingga akhir tahun 2020, perusahaan yang bergerak di sektor pengolahan produk perikanan itu optimistis penjualan bisa menyentuh angka Rp3 triliun.

Direktur PT Sekar Bumi Tbk Howard Ken Lukminto mengatakan, meski di masa pandemi COVID-19, perusahaan mampu menunjukkan kinerja yang luar biasa. Salah satunya disebabkan ada peningkatan penjualan ekspor ke pasar ritel luar negeri.
Sebelum pandemi COVID-19, perusahaan menerima kunjungan dari beberapa supermarket besar dari Amerika Serikat. “Setelah lolos proses audit, sekarang sudah menjadi salah satu dari sedikit approved supplier dari tanah air,” katanya, Selasa (10/11/2020). (Baca juga: Sekar Bumi Raih Penghargaan Primaniyarta )

Menurutnya, pertumbuhan permintaan konsumen ritel luar negeri tahun ini memang naik sangat signifikan. Ini seiring dengan adanya perpindahan dari konsumen yang lebih memilih berbelanja di supermarket dan memasak sendiri dibandingkan makan di restoran.“Saat ini, perusahaan tengah merencanakan proyek ekspansi pabrik pengolahan udang beku yang diharapkan dapat meningkatkan setidaknya 20% dari total kapasitas produksi,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, peningkatan penjualan juga diikuti dengan variasi produk makanan olahan baru. Seperti exotic torpedo shrimp, shrimp blanket, shrimp bomb, dragon foot, dan masih banyak lagi. “Pasar utama kami adalah Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Australia, dan beberapa negara di Eropa dan Asia lainnya. Tahun ini, produk kacang mente kami dapat juga ditemukan di supermarket di Saudi Arabia dan Papua Nugini,” tandas Howard.

Disisi lain, PT Sekar Bumi Tbk kembali menyabet Primaniyarta Award yang ke-7. Emiten berkode saham SKBM itu terpilih sebagai pemenang untuk kategori eksportir berkinerja (extraordinary performance). (Baca juga: Genjot Penjualan Ekspor Sekar Bumi Bidik Pasar Timur Tengah )

Penghargaan bergengsi dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) ini diberikan oleh Presiden Joko Widodo yang didelegasikan kepada Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. Acara penyerahan penghargaan itu digelar pada Selasa (10/11/2020) di Ballroom Hotel Mulia Senayan Jakarta.

Dikutip dari laman Kemendag, Primaniyarta merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada eksportir yang dinilai paling berprestasi di bidang ekspor dan dapat menjadi tauladan bagi eksportir lain.“Penghargaan Primaniyarta yang ke-7 ini tidak hanya merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami, tapi pengakuan dari Pemerintah ini juga memberikan semangat untuk dapat terus menjaga kinerja perusahaan,” kata Howard.
(don)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0906 seconds (0.1#10.140)