Masuk Zona Merah, Rumah Sakit di Karawang Kekurangan Tempat Tidur

Selasa, 10 November 2020 - 14:59 WIB
loading...
Masuk Zona Merah, Rumah Sakit di Karawang Kekurangan Tempat Tidur
Kabupaten Karawang kembali masuk zona merah dengan 1776 kasus pasien positif COVID-19. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
KARAWANG - Kabupaten Karawang kembali masuk zona merah dengan 1776 kasus pasien positif COVID-19 . Terjadi peningkatan pasien positif akibat disiplin masyarakat melonggar dan mengabaikan protokol kesehatan. Akibatnya, rumah sakit mulai penuh hingga Pemkab Karawang menyiapkan 1 hotel untuk pasien yang tidak mendapat bed di rumah sakit.

"Kami sudah komunikasi dengan Hotel Prime di Cikampek untuk merawat pasien positif COVID-19 karena rumah sakit sudah penuh. Kalau tak ada pasien sembuh yang keluar rumah sakit, pasien baru tidak tertampung. Kami antisipasi aja menjaga hal itu terjadi," kata Sekda Karawang, Acep Jamhuri ditemui di ruang kerjanya Selasa (10/11/2020).

Menurut Acep, berdasarkan hasil evaluasi meningkatnya jumlah pasien COVID-19 akibat disiplin masyarakat mulai longgar. Masyarakat sering kali membuat acara yang mengundang orang banyak atau kerumunan. "Harusnya kegiatan yang mengundang kerumunan dihentikan dulu sampai pandemi ini selesai. " katanya.

Acep mencontohkan peristiwa ulang tahun komunitas tari yang mengakibatkan 72 orang terpapar COVID-19. Dalam acara ulang tahun itu, puluhan orang berkerumun. Seorang positif covid kemudian meniup lilin kue tart yang dikelilingi para peserta pesta.

"Droplet orang positif itu menyebar ke kue tart. Kuenya dimakan peserta pesta dan mereka bernyanyi bersama. Itu yang membuat pesta ultah menjadi klaster," kata Acep. (Baca: Geger, Janda Cantik di Palembang Tewas di Tangan Tetangga).

Menurut Acep, pihaknya menyayangkan peristiwa tersebut yang seharusnya bisa dihindari. Hal tersebut juga membuktikan disiplin masyarakat mulai longgar. "Harusnya bisa dihindari jika mereka disiplin memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Hal ini tidak dilakukan, maskernya dibuka dan berkerumun," katanya.

Menurut Acep, saat ini tercatat sebanyak 1766 orang dinyatakan positif Covid-19. Meski begitu tingkat kesembuhan pasien Covid-19 cukup tinggi. Pasien yang masih dirawat sebanyak 370 orang dengan tingkat kematian mencapai 73 orang. "Habis libur panjang kemarin ada peningkatan cukup signifikan jadi kami mulai kewalahan," pungkasya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8024 seconds (0.1#10.140)