Diduga Keracunan Nasi Kotak, Puluhan Warga Cilingga Purwakarta Dilarikan ke Puskesmas

Minggu, 08 November 2020 - 14:13 WIB
loading...
Diduga Keracunan Nasi Kotak, Puluhan Warga Cilingga Purwakarta Dilarikan ke Puskesmas
Puluhan warga Desa Cilingga, Kabupaten Purwakarta, keracunan nasi kotak acara Muludan.Foto/SINDO Media/Asep Supiandi
A A A
PURWAKARTA - Puluhan warga di Desa Cilingga, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, diduga keracunan nasi kotak Muludan. Akibatnya, warga dilarikan ke puskesmas dan rumah sakit terdekat. Kasus ini, langsung mendapat respons kepolisian dengan melakukan penelusuran penyebab pasti keracunan ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun SINDOnews, peristiwa itu berawal saat digelarnya acara Muludan di salah satu rumah warga di RT 0602 Desa Cilingga, Jumat (6/11/2020) sekitar pukul 23.00 WIB. (Baca juga:Polisi Ultimatum Pembunuh Remaja di Jalan Dago Bandung Serahkan Diri)

Warga yang sebelumnya diberi hidangan nasi kotak berisi nasi putih, daging ayam, lalapan dan sambal mendadak mengalami gejala yang sama. (Baca juga: Mulai Malam Ini, KAI Bandung Bagikan Tiket Gratis untuk Guru dan Nakes)

Mereka muntah-muntah dan buang air besar. Gejala yang dialami secara massal itu, sempat membuat panik warga sekitar dan akhirnya sekitar 21 orang dilarikan ke Puskesmas Darangdan dan Puskesmas di Kecamatan Sukatani. Bahkan ada beberapa warga yang dilarikan ke rumah sakit di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, serta Rumah Sakit Asri Purwakarta.

Kapolsek Darangdan AKP Subagyo membenarkan adanya peristiwa dugaan keracunan makanan. Pihaknya pun sudah melakukan penelusuran dan memintai keterangan sejumlah saksi-saksi.

"Kalau kondisi pasien hari ini sudah banyak yang sudah pulang ke rumahnya masing-masing. Mereka sudah sehat dan kembali beraktivitas seperti biasa," ujar Subagyo, Minggu (8/11/2020).

Saat ini, terang dia, masalah dugaan keracunan makanan itu dilimpahkan ke Mapolres Purwakarta. Hanya saja kasus itu terjadi diduga akibat kelalaian dalamnya menyelenggarakan sebuah kegiatan.
(zil)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5682 seconds (0.1#10.140)