Jadi Relawan di RSPI, Warga Tasikmalaya Positif Covid-19

Sabtu, 09 Mei 2020 - 12:20 WIB
loading...
Jadi Relawan di RSPI, Warga Tasikmalaya Positif Covid-19
Simulasi penanganan pasien Covid-19. Foto/Dok SINDOnews
A A A
TASIKMALAYA - Kasus positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, bertambah. Hal ini setelah tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya mengonfirmasi satu pasien Covid-19 baru.

Menurut Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya Heru Suharto, pasien positif Covid ini merupakan warga asli Kabupaten Tasikmalaya. Namun, beberapa waktu sebelumnya yang bersangkutan pernah menjadi relawan di RSPI Sulianti Saroso untuk menangani kasus Covid-19.

"Karena bertugas sebagai relawan di RSPI Sulianti Saroso, yang bersangkutan secara rutin melakukan pemeriksaan Covid-19. Hasil rapid test-nya negatif. Namun, saat hasil tes swab-nya belum keluar, dia pulang ke kampung halamannya di Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya," kata dia.

Heru menambahkan, saat yang bersangkutan sampai di rumahnya di Kecamatan Salawu, yang bersangkutan melakukan aktivitas seperti biasa sebagai pemilik apotek, dan selama berada di apotek miliknya, pasien sempat berinterkasi dengan warga sekitarnya dan juga sempat berinteraksi dengan masyarakat. ( ).

Kemudian, hasil tes swab dari RSPI Sulianti Saroso keluar. Yang bersangkutan akhirnya terkonfirmasi positi Covid-19.
"Infomasi tersebut kita peroleh dari Kemenkes, Dinkes Provinsi, lalu ke Dinkes Tasikmalaya. Info itu kita terima tanggal 6 Mei 2020, dan kami langsung bawa pasien pada malam hari untuk isolasi di RS SMC," kata dia.

Menurut dia, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya telah melakukan pencarian dan penelurusan warga yang pernah kontak erat dengan pasien. Ada delapan orang telah menjalani rapid test dan hasilnya negatif. (Baca Juga: Pasien Rawat Inap di Wisma Atlet Bertambah 25 Jadi 883 Orang).

Heru mengimbau agar warga yang berada di sekitar rumah pasien melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Pihaknya juga akan terus melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar wilayah tempat tinggal pasien. "Hasilnya nanti kita lihat setelah 14 hari kemudian," kata dia.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya, saat ini di wilayah Kabupaten Tasikmalaya ada dua pasien positif, PDP 27, dan ODP sebanyak 1.437 orang.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)