Pangdam Siliwangi Resmikan Barak Siaga VVIP Pengamanan Presiden

Jum'at, 06 November 2020 - 07:32 WIB
loading...
Pangdam Siliwangi Resmikan Barak Siaga VVIP Pengamanan Presiden
Panglima Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto meresmikan Barak Siaga Pengamanan (Pam) VVIP Korem 061/Surya Kancana. Foto SINDOnews
A A A
BOGOR - Panglima Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto meresmikan Barak Siaga Pengamanan (Pam) VVIP Korem 061/Surya Kancana untuk mengamankan Presiden RI dan tamu negara, Kamis (5/11/2020). Markas Pam VVIP tersebut berlokasi di Jalan Jalak Harupat, Gang Kelor RT 02/06, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Peresmian Barak Siaga Pam tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Bogoro Bima Arya Sugiarto dan pengguntingan pita oleh Pangdam Siliwangi. Hadir pula pada acara peresmian tersebut, Danrem 061/Surya Kencana Brigjen TNI Agus Subiyanto dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor, dan beberapa pejabat utama Kodam III/Siliwangi.

Pangdam Siliwangi mengatakan, pembangunan barak siaga VVIP Korem 061/SK Kodam III/Siliwangi, mendapat bantuan dan dukungan dari Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. (Baca juga: Pangdam Siliwangi Ingatkan Prajurit Hindari 7 'dosa' Ini, Apa Saja )

"Wali Kota Bogor telah memberikan dukungan dan bantuan untuk pembangunan barak siaga pengamanan VVIP di Kota Bogor, berupa pembangunan 1 unit Barak Siaga tipe 325, pembangunan lapangan apel paving block seluas 617 meter persegi, dan sarana atau prasarana pendukungnya dengan menggunakan dana sebesar Rp1,8 miliar," kata Pangdam.

Barak siaga ini, ujar Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, mendukung tugas-tugas Korem 061/SK yang cukup padat dan kompleks. Korem 061/SK selain melaksanakan tugas rutin pembinaan teritorial di wilayah Bogor, Sukabumi, dan Cianjur, juga melaksanakan Pengamanan VVIP, khususnya dalam mengamankan Presiden beserta keluarganya yang tinggal di Istana Bogor, para pejabat negara, dan tamu negara sahabat yang berkunjung ke Kota Bogor. (Baca juga: Pangdam Siliwangi Pecat Seorang Perwira Pertama Akibat Tindakan Asusila )

“Selama ini, prajurit yang melaksanakan pengamanan VVIP dan Istana Bogor, menempati barak kurang layak. Dengan telah selesainya pembangunan barak siaga pam VVIP ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan operasional satuan, sekaligus meningkatkan moril prajurit dalam melaksanakan tugas pengamanan,” ujar Mayjen TNI Nugroho .

Dalam kesempatan itu, Pangdam Siliwangi mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Bogor Bima Arya dan jajaran Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor, serta semua pihak yang telah mendukung pembangunan Barak Siaga Pam VVIP tersebut.

"Kepada Danrem 061/SK dan jajaran, saya berpesan agar menjaga dan memelihara Barak Siaga Pam VVIP ini dengan sebaik-baiknya sehingga memiliki usia pakai dan nilai manfaat optimal dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan," tutur Pangdam III/Siliwangi.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6541 seconds (0.1#10.140)