Ratusan Napi LP Pekanbaru Positif Corona, Bagimana Nasib Mantan Gubernur Rusli Zainal

Kamis, 05 November 2020 - 12:53 WIB
loading...
Ratusan Napi LP Pekanbaru Positif Corona, Bagimana Nasib Mantan Gubernur Rusli Zainal
Sebanyak 207 Napi Klas IIA Pekanbaru tertular COVID-19. Jumlah ini kemunginan terus bertambah karena masih banyak hasil swab para napi yang belum keluar. Okezone/Banda
A A A
PEKANBARU - Sebanyak 207 Napi Klas IIA Pekanbaru tertular COVID-19. Jumlah ini kemunginan terus bertambah karena masih banyak hasil swab para napi yang belum keluar.

Di dalam sel juga ada mantan Gubernur Riau, Rusli Zainal. Lalu bagaimana nasib gubernur dua priode tersebut. "Beliau negatif COVID-19 ," kata Humas Klas II, A Pekanbaru Koko Surya Kamis (5/11/2020).

Terkait banyaknya tahanan yang tertular Corona, Kepala Kanwil Hukum dan HAM, Riau Ibnu Chuldun mengatakan pihaknya sudah melakukan pengecekan di Lapas Kelas IIPekanbaru pada 4 November 2020 di dampingi dokter. Namun dia menegaskan, tidak melihat sel tempat ditahannya Eusli Zainal yang dihukum terkait kasus PON dan korupsi izin kehutanan.

"Penempatan narapidana pada blok isolasi telah sesuai dengan protokol kesehatan. Blok G terdiri dua lantai 24 kamar dengan kapasitas 300 org saat ini dihuni oleh 204 orang narapidanaHampir semua narapidana yg ditempatkan di blok isolasi tanpa gejala," katanya.

Dia menjelaskan, kesehariannya narapidana berada dalam kamar, tidak berinteraksi dengan narapidana lain. Hasil dialog dengan narapidana dalam kondisi sehat dan tidak ada gejala apapun. (Baca: Pandemi COVID-19, Pernikahan Dini di Kediri Melonjak).

Sedangkan layanan kesehatan dilakukan oleh dokter lapas dan perawat, semua narapidana diberikan makan yg cukup dan multi vitamin serta ekstra voding. "Saat ini Kepala Lapas sedang mempersiapkan ruangan khusus yakni Blok H yang juga terpisah dengan blok hunian lainnya sebagai antisipasi bila dibutuhkan," sebutnya.

Terkait hal tersebut, pihak Kemenkum HAM sudah melakukan kordinasi dengan Pemprov Riau terkait penanganan COVID-19 di cluster Lapas Pekanbaru.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1904 seconds (0.1#10.140)