Pengamanan Bandara Sam Ratulangi Diperketat Jelang Natal-Tahun Baru

Rabu, 04 November 2020 - 17:51 WIB
loading...
Pengamanan Bandara Sam Ratulangi Diperketat Jelang Natal-Tahun Baru
Suasana pertemuan Airport Security Committee (ASC) Bandara Sam Ratulagi Manado, Rabu (4/11/2020). Foto:Istimewa
A A A
MANADO - Menjelang perayaan Natal dan tahun baru , sejumlah instansi pengamanan di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) sepakat untuk memperketat pengamanan di daerah itu, khususnya di Bandara Sam Ratulangi.

Hal tersebut menjadi topik utama dalam pertemuan yang digelar Angkasa Pura I bersama Airport Security Committee (ASC), yang dihadiri instansi terkait keamanan penerbangan seperti, perwakilan dari Otoritas Bandara, Lanud AL, Lanud AU, POM AU, Polsek Bandara, SAR, Brimob, Airlines, Ground Handling, BIN Daerah Sulut, Karantina, Imigrasi, dan Bea Cukai, di Manado, Rabu (4/11/2020). (Baca Juga: Diadang Resesi, Industri Mamin Dibekingi Pilkada, Natal, dan Tahun Baru)

Komandan Lanud Sam Ratulangi (Danlanud Sri), Kolonel Pnb Abram Tumanduk dalam acara itu meminta kepada seluruh anggota komite keamanan yang hadir, untuk fokus bahwa bandara adalah objek vital yang keamanannya menjadi tanggung jawab bersama.

“Kita harus menyadari bahwa keamanan bandara menjadi salah satu bentuk ketahanan nasional, dimana jika terjadi eskalasi ancaman keamanan di bandara, itu sudah menjadi tanggung jawab kita. Sehingga jangan lagi menunggu adanya permintaan bantuan pengamanan dari bandara. Saya harap itu dapat menjadi perhatian bersama,” tegasnya. (Baca Juga: Wali Kota Manado: Bioskop Hanya Boleh Diisi 30-50 Persen)

Senada, Kepala Otoritas Bandara Wilayah VIII, Edison Saragih juga menyampaikan untuk bersinergi terhadap pengawasan dan memperketat pengamanan dalam pengiriman barang, bahaya cyber crime (hacker), dan pergerakan penumpang khususnya selama masa pandemi ini. “Bagi penumpang yang berangkat masih ada persyaratan hasil keterangan rapid test non-reaktif yang perlu mendapat perhatian dan pengawasan,” katanya.

General Manager Bandara Sam Ratulangi, Minggus E.T Gandeguai pun memastikan, dalam waktu dekat ini akan menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru. Karena itu, dia mengajak untuk bersama-sama mengantisipasi adanya pertumbuhan jumlah penumpang dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan, dengan tetap memerhatikan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi ini. (Baca Juga: Bandara Sam Ratulangi Manado Terima Stimulus PJP2U)

“Pertemuan itu merupakan salah satu bentuk sinergi Bandara Sam Ratulangi guna meningkatkan keamanan bandar udara, dan rutin digelar dalam rangka untuk mengupdate bentuk-bentuk ancaman keamanan dan mitigasi penanggulannya, guna memberikan kepastian keamanan operasional bandara, khususnya dikaitkan dengan kondisi pandemi COVID-19, serta menjelang musim libur Natal dan Tahun Baru 2021,” katanya.

Dalam pertemuan itu, juga dipaparkan terkait Airport Security Programme (ASP) yang di antaranya berisi tipe sistem keamanan bandar udara, tugas dan tanggung jawab Komite Keamanan Bandar Udara (KKBU), perubahan pembagian daerah keamanan, model ancaman dan penilaian ancaman keamanan, pemeriksaan bagasi tercatat, pemeriksaaan keamanan penumpang dan orang selain penumpang.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5706 seconds (0.1#10.140)