Itenas Bandung Pamerkan Mobil Listrik Tempur untuk Pertahanan Militer

Selasa, 03 November 2020 - 14:12 WIB
loading...
Itenas Bandung Pamerkan Mobil Listrik Tempur untuk Pertahanan Militer
Mobil listrik tempur, Itenas Sergap Senyap Electric Vehicle dipamerkan dalam Peringatan Hari Listrik Nasional tingkat Provinsi Jabar Tahun 2020 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (2/11/2020). SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Bandung, Institut Teknologi Nasional (Itenas) menghadirkan mobil listrik tempur khusus untuk kebutuhan pertahanan militer . Mobil listrik yang dinamai Itenas Sergap Senyap Electric Vehicle itu hadir dalam Peringatan Hari Listrik Nasional tingkat Provinsi Jabar Tahun 2020 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (2/11/2020).

Itenas Bandung menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang mengirimkan mobil listriknya pada kegiatan yang mengusung tema "Listrik Masa Depan, untuk Jawa Barat Juara Lahir Batin" itu. (Baca juga: Kia Ciptakan Mesin Perang Futuristik untuk Militer Korea Selatan )

Rektor Itenas Bandung, Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D mengatakan, Itenas Sergap Senyap Electric Vehicle merupakan produk mobil listrik ke tiga yang dikembangkan oleh Itenas Bandung. Mobil tempur itu memiliki spesifikasi pertahanan militer dengan kapasitas dua penumpang yang dilengkapi air cannon, peluru seberat tiga kilogram, dan memiliki kekuatan gempur 5.000 newton.

"Mobil listrik untuk kebutuhan khusus militer ini diinisiasi pada penelitian yang dilakukan oleh Dosen Program Studi Teknik Mesin Itenas Bandung, yaitu Tarsisius Kristyadi, S.T., M.T., Ph.D," ujar Meilinda, Selasa (3/11/2020).

Meilinda menerangkan, sebelumnya, perguruan tinggi yang dipimpinnya itu mengembangkan mobil listrik pertamanya, yaitu kendaraan jenis cross over yang diluncurkan pada Tahun 2017. "Mobil listrik dengan kapasitas 5 penumpang ini diberi nama Evhero Electric Crossover Gen.1, atau lebih dikenal dengan Mobil Listrik Evhero," sebutnya.

Kemudian, selama 101 hari di tahun berikutnya atau pada Mei hingga Agustus 2018, Itenas Bandung juga merancang mobil listrik kedua yang diberi nama V8 Vadi dan diluncurkan pada September 2018. (Baca juga: Penantian Van Listrik Pertama di Indonesia Terus Tertunda )

Bila mobil listrik Evhero merupakan hasil perwujudan penelitian kolaboratif antar dosen di Itenas Bandung. V8 Vadi adalah mobil listrik hasil kolaborasi antara kampus Itenas Bandung bersama technopreneur, Harry Kiss. "Mobil listrik V8 Vadi merupakan mobil dengan jenis sportscar yang memiliki kapasitas 2 penumpang dengan kecepatan maksimum 120 km/jam," terang Meilinda.

Dalam kegiatan Hari Listrik Nasional Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2020, selain dipamerkan, Itenas Sergap Senyap Electric Vehicle juga turut serta dalam iring-iringan test drive mobil dan motor listrik yang dipimpin oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil .

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jabar ,Ridwan Kamil mengampanyekan penggunaan kendaraan listrik untuk menekan polusi gas buang yang banyak dihasilkan kendaraan berbahan bakar minyak (BBM). Dalam kampanyenya, Ridwan Kamil juga menyatakan, mulai tahun depan, seluruh kendaraan dinas di lingkungan Pemprov Jabar wajib diganti dengan mobil dan motor listrik.

Menurutnya, hal itu menjadi bagian mengubah gaya hidup, agar tercipta lingkungan yang lebih baik. "Pemprov Jabar sedang menyusun kebijakan, karena produksinya (mobil-motor listrik) sudah massal, maka mulai tahun depan, di anggaran-anggaran pembelian, mobil dinas itu wajib mobil listrik dan motor listrik, mulai kendaraan dinas Gubernur sampai level bawah," tegasnya.
(don)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1454 seconds (11.97#12.26)