Baterai UPS Kendor dan Terbakar Timbulkan Kepulan Asap di Ruang IGD RSUD dr Adjidarmo Rangkasbitung

Minggu, 01 November 2020 - 22:28 WIB
loading...
Baterai UPS Kendor dan Terbakar Timbulkan Kepulan Asap di Ruang IGD RSUD dr Adjidarmo Rangkasbitung
Perawat RSUD dr Adjidarmo Rangkasbitung, Lebak, Banten mengevakuasi bayi terjadi ledakan dan kebakaran di ruang radiologi. (Foto/Tangkapan Layar)
A A A
LEBAK - Baterai penyimpan daya listrik atau UPS di ruang Radiologi RSUD dr Adjidarmo Rangkasbitung, Kabupaten Lebak terbakar, sekira pukul 18.30 WIB, Minggu, (1/11/2020).

Insiden terbakarnya baterai UPS itu, mengakibatkan kepulan asap dari lokasi UPS yang terbakar, sejumlah pasien yang tengah di rawat di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) panik.

Lima menit kemudian, satu unit kendaraan pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Lebak datang ke lokasi, petugas damkar dibantu petugas RSUD berhasil memadamkan api yang belum sempat membesar. Untuk mengantisipasi kebakaran lebih besar, pasien di IGD di pindahkan ke posko BPBD setempat. (BACA JUGA: Pagi Buta, Si Jago Merah Luluhlantakkan Dua Rumah Warga Wajo)

Syahrohi, Kasi Damkar pada kantor Dinas Satpol PP Pemkab Lebak, membenarkan, insiden terbakarnya UPS tersebut, sebab UPS dalam kondisi kendor. "Sudah aman dan terkendali, hanya baterai UPS yang terbakar karena kondisi baterai UPS yang terpasang kendor,"katanya.

Sementara, Ade Apriyadi, Korlap Damkar Lebak mengatakan, insiden terbakarnya baterai UPS itu mengakibatkan kepulan asap dari lokasi UPS yang terbakar.

Kata Ade, sejumlah pasien di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) sempat berhamburan keluar. Akan tetapi lanjut Ade, sebelum petugas dan kendaraan Damkar datang ke lokasi, petugas RSUD sigap langsung memadamkan api di ruang bateri UPS yang terbakar dengan menggunakan pemadam api milik RSUD. (BACA JUGA: Kapolda Banten Cek Lokasi Kebakaran, Irjen Pol Drs Fiandar: Kami Selidiki Penyebab Kebakaran)

'Iya emang, pasien di IGD sempat keluar karena asap mengepul. Setelah aman, mereka (pasien) IGD kembali," katanya.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)