Al-John Tawarkan Solusi Pemulihan Pasca Covid-19 di Tana Toraja

Minggu, 01 November 2020 - 20:52 WIB
loading...
Al-John Tawarkan Solusi Pemulihan Pasca Covid-19 di Tana Toraja
Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja nomor urut 3 Albertus Patarru dan John Diplomasi (Al-John) mengaku telah menyiapkan program untuk pemulihan Tana Toraja pasca Covid-19. Foto: Joni Lembang.
A A A
TANA TORAJA - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja nomor urut 3 Albertus Patarru dan John Diplomasi (Al-John) mengaku telah menyiapkan program untuk pemulihan Tana Toraja pasca Covid-19.

Program tersebut merupakan bagian dari sejumlah program unggulan yang ditawarkan kepada masyarakat Tana Toraja dalam pilkada 2020 ini. Dimana Al-John mengaku, pihaknya akan fokus pada kampanye program-program unggulan

“Kami percaya dengan program unggulan kami. Salah satunya, kami telah siapkan program untuk pemulihan Tana Toraja pasca Covid-19,” ujar Albert.

Lebih lanjut, dia mengatakan telah memiliki beberapa program pemulihan yang menitikberatkan pada pariwisata sebagai salah satu sektor utama dan penyumbang APBD besar bagi Tana Toraja .



“Kita belum tahu kapan pandemi akan berakhir, tapi yang kita bisa lakukan adalah mencoba beradaptasi sebaik yang kita bisa. Program kami nantinya akan fokus pada pembangunan dan pengembangan destinasi wisata yang taat pada standar protokol sehingga tercipta destinasi wisata CHSE atau Clean, Healthy & Safety Environment,” urai Albert.

Selanjutnya, Al-John akan menaruh perhatian pada pengembangan kapasitas masyarakat terutama para pelaku pariwisata di Tana Toraja. Menurut Albert, salah satu aspek penting dari pengembangan destinasi wisata CHSE ialah sumber daya manusia yang memadai.

“Karena Tana Toraja kan telah menjadi destinasi wisata global, maka kita juga perlu siapkan SDM kita dengan standar global pula. Kami berniat programkan pelatihan hospitality sehingga kita bisa menawarkan pelayanan pariwisata dengan standar internasional pula," katanya.



Albert menambahkan, pelatihan hospitality atau keramah-tamahan menjadi hal yang penting agar para pelaku pariwisata bisa memberikan excellent service kepada para wisatawan lokal dan asing yang datang ke Tana Toraja . Bentuk pelatihan softskills, kata dia, juga ditargetkan bagi para milenial dan masyarakat yang terdampak ketenagakerjaan karena Covid-19.

Langkah yang diambil Al-John ini dinilai cukup tepat sasaran, terlebih dengan fokus pada SDM dan peningkatan kapasitas individu bisa memberikan nilai tambah dalam persaingan dunia kerja.

Di satu sisi, pelatihan hospitality dapat berperan dalam meningkatkan potensi para wisatawan untuk kembali datang berkunjung ke Tana Toraja, yang pada akhirnya akan berdampak pada penghasilan daerah dan pembukaan lapangan kerja yang baru.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)