Kendaraan Padati Tol Semarang-Batang dan Jalur Pantura

Kamis, 29 Oktober 2020 - 12:27 WIB
loading...
Kendaraan Padati Tol Semarang-Batang dan Jalur Pantura
Arus lalu lintas di tol Semarang-Batang tampak mulai padat memasuki liburan panjang akhir pekan, Kamis (29/10/2020). Foto/Is
A A A
SEMARANG - Arus lalu lintas di t ol Semarang-Batang tampak mulai padat memasuki masa liburan panjang akhir pekan, seperti terlihat dari jembatan ruas tol di Desa Magelung, Kaliwungu, Kendal, Jateng, Kamis (29/10/2020).

Berdasarkan pantauan di lapangan, kendaraan yang melintas dari arah barat kebanyakan dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan daerah lainnya. Sebab, waktu libur panjang ini cukup panjang, yakni selama lima hari. (Baca juga: Habib Bahar Belum Diperiksa, Polda Jabar Masih Tunggu Izin Ditjen Pas)
Kendaraan Padati Tol Semarang-Batang dan Jalur Pantura

Bersamaan dengan hari libur nasional peringatan Maulid Nabi SAW dan cuti bersama sejak Rabu (28/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020) ternyata juga dimanfaatkan untuk pulang kampung. Apalagi karena pergerakan warga sempat tertunda dengan adanya larangan mudik Lebaran 2020. (Baca juga: 2 Kurir Narkoba asal Medan Dibekuk di Pelabuhan Bakauheni, 2 Kg Sabu Disita)

Mengantisipasi adanya lonjakan arus lalu lintas, kendaraan berat tidak diperbolehkan melintas jalan tol. Kendaraan berat akan dialihkan ke jalan pantura. "Kendaraan berat kami keluarkan ke jalur Pantura. Jadi yang melintas di Pantura rata-rata kendaraan berat," ujar Dirlantas Polda Jateng, Kombes M Rudi Syafrudin, Kamis (29/10/2020).

Dirlantas mengatakan, kepolisian tidak melakukan penindakan terhadap kendaraan yang masih melintas di jalan tol. Pemberlakuan kendaraan berat tidak boleh masuk tol sejak (27/10/2020) kemarin hingga (29/10/2020).

"Besok sudah mulai diperbolehkan truk masuk tol. Truk kembali tidak boleh masuk tol pada (30/10)," jelasnya. Pihaknya telah menempatkan personil untuk bersiaga menghalau dan mengeluarkan kendaraan berat yang masih melintas di jalan tol. "Jadi mau ketemu dimanapun kendaraan berat melintas di jalan tol akan kami keluarkan," tandas dia.

Sementara itu, di Jalan Pantura Batang-Kendal, sejumlah kendaraan berplat nomor luar Jateng mulai memadati gerbang tol maupun ruas jalur Pantura. Di gerbang tol Kalikangkung yang terletak di perbatasan Kabupaten Batang dan Kendal juga mulai nampak kepadatan arus kendaraan.

Selain truk, dan bus, mayoritas jalan Pantura Batang-Kendal dipadati oleh kendaraan pribadi. Beberapa nampak keluar dari gerbang tol Kalikangkung untuk mencari tempat istirahat, dan singgah ke sejumlah tempat makan.

Ditlantas Polda Jateng memperkirakan adanya peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di wilayah Jawa Tengah pada libur panjang akhir Oktober 2020 ini yakni sebesar 40%.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)