Cimahi Menuju Zona Hijau, Sejuta Masker Dibagikan di Kelurahan Cibabat

loading...
Cimahi Menuju Zona Hijau, Sejuta Masker Dibagikan di Kelurahan Cibabat
Program sejuta masker yang dibagikan ke warga di Kelurahan Cibabat, untuk menghindari penyebaran COVID-19 dan mendukung menuju Cimahi zona hijau berkelanjutan. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
CIMAHI - Sejuta masker akan dibagikan kepada warga di Kelurahan Cibabat, Kota Cimahi, untuk mencegah penyebaran COVID-19. Aksi ini juga untuk mendukung upaya agar Cimahi segera menjadi daerah yang masuk zona hijau dari saat ini yang masih zona oranye.

"Pandemi COVID-19 masih mengancam makanya kami berupaya untuk menekan penyebarannya dengan salah satunya gerakan pemberian sejuta masker ke warga," tutur Lurah Cibabat, Kota Cimahi, Seta Dewa kepada wartawan, Rabu (28/10/2020).

Menurutnya pembagian masker itu dilakukan oleh pihak kelurahan dengan dibantu oleh kader PKK, LPM, PKSS, Karta, dan FPRB. Untuk pelaksanaan gerakan sejuta masker ini dibagi menjadi beberapa kali pelaksanaan, dan diberikan kepada masyarakat di 25 RW di Kelurahan Cibabat yang penduduknya cukup padat. (Baca: Bandung Subang Cimahi Naik ke Zona Biru Garut Turun Kelas Jadi Kuning)

Disebutkannya, karena populasi yang padat sebab berada di jantung Kota Cimahi dan berdekatan dengan kantor pemkot, kasus COVID-19 di Kelurahan Cibabat cukup tinggi. Yakni dengan jumlah konfirmasi aktif 20 orang, termasuk 8 orang pada locus di RW 8. Namun dengan adanya gerakan sejuta masker dan inovasi lainnya temuan kasus jadi menurun.



"Anggaran gerakan sejuta masker ini rereongan. Yakni dari dana CSR pelaku usaha dan bantuan dari tokoh masyarakat, tokoh agama, dan sumbangan dari warga yang mampu," ujarnya.

Selain pembagian masker adanya intervensi kompetisi kelurahan aman COVID-19 juga turut merangsang jajarannya dan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Termasuk melaksanakan sosialisasi dan edukasi ke seluruh RW dalam menerapkan anjuran 4M baik saat aktivitas di rumah maupun di luar. (Baca: Klaster Perkantoran Keluarga Naik Depok Kembali ke Zona Merah)

Lebih lanjut, pihaknya juga menggaungkan 10 program inovasi Kelurahan Aman COVID-19. Di antaranya Patromaks (Patroli Masker), Baso Aci (Bantuan Sosial bagi Warga Cibabat), Cibabat Sigacor (Siaga Corona), Ketan Ujang (Ketahanan Pangan Ubi, Jagung, Singkong, Pisang), dan inovasi lainnya.



"Trend kasus positif COVID-19 di Kelurahan Cibabat menurun, bahkan jumlah kasus positif pada locus di RW 8 sudah nol. Semoga ini berkontribusi kepada Cimahi zona hijau yang berkelanjutan," sebutnya.
(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top