Pemda NTT Bantah Pembangunan Jurasic Park di Taman Nasional Komodo Ganggu Habitat Komodo

Rabu, 28 Oktober 2020 - 14:12 WIB
loading...
Pemda NTT Bantah Pembangunan Jurasic Park di Taman Nasional Komodo Ganggu Habitat Komodo
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
KUPANG - Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur (Pemda NTT) membantah tudingan bahwa pembangunan Jurasic Park di Taman Nasional Komodo mengganggu habitat komodo. Justru membangunan tersebut, untuk menata destinasi wisata hingga menjadi mass tourism atau penataan kawasan destinasi pariwisata super premium.

(Baca juga: Seorang Ibu Hamil Tewas saat Gempa 5,4 SR Mengguncang Mamuju)

Pemda NTT merancang pembangunan proyek kawasan Taman Komodo menyerupai taman Jurasic Park. Pembangunan proyek yang sudah direncanakan ini, nantinya untuk destinasi pariwisata premium tanpa menyentuh habitat alami komodo.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, memastikan pembangunan yang sedang dilakukan berlokasi di Pulau Rinca. (Baca juga: Diduga Terbakar Api Cemburu, Wan Bacok Korban hingga Tewas)

Titik pembangunan dilakukan di area pemukiman warga, dan habitat komodo yang berkeliaran di lokasi tersebut adalah komodo yang sudah terbiasa berinteraksi dengan manusia. Sedangkan lokasi Pulau Komodo sendiri tidak disentuh pembangunan, karena lokasi tersebut adalah wilayah habitat asli komodo.

"Pemeritah beranggapan bahwa pembangunan Jurasic Park untuk melindungi pengunjung agar tidak diterkam komodo. Selain itu, membuat para komodo lebih nyaman bermain, karena tidak langsung masuk ke areal perkembangan komodo," tutur Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Rabu (28/10/2020).
(zil)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2429 seconds (0.1#10.140)