HD : Forpess Jaga Ukhuwah Tiga Pilar Ulama, Umaro dan Umat

loading...
HD : Forpess Jaga Ukhuwah Tiga Pilar Ulama, Umaro dan Umat
Gubernur Sumsel Herman Deru saat menghadiri Istighosah Kebangsaan Peringatan Hari Santi Nasional Tahun 2020, Senin (26/10/2020).
PALEMBANG - Di tengah rutinitasnya usai kunjungan kerja ke Kabupaten Musi Banyuasin, Gubernur Sumsel H Herman Deru menyempatkan hadir pada Istighosah Kebangsaan Peringatan Hari Santi Nasional Tahun 2020. Acara diselenggarakan Dewan Pengurus Pusat Forum Pondok Pesantren (Forpess) Sumsel di Kantor Sekretariat DPP Forpess Jalan Kolonel H Burlian Palembang, Senin (26/10/2020) malam.

HD mengatakan, dirinya sengaja hadir langsung karena Forum Pondok Pesantren ini sangat penting dan hanya ada di Sumsel. Menurutnya, forum ini merupakan wadah yang tidak membeda-bedakan dan Alhamdulillah semua Pondok Pesantren (Ponpes) mau untuk bersatu diwadah ini.

"Forum ini sangat penting, untuk diketahui bahwa Ponpes terbanyak diluar pulau Jawa yaitu di Sumsel sehingga harus terjaga keukwahannya dan saling menjaga kepercayaan serta kekompakan hubungan tiga pilar yaitu Ulama, Umaro dan Umat," tegasnya.

Dengan demikian, lanjut HD, harus terus terjalin silaturahmi antar tiga pilar tersebut baik untuk mengetahui update informasi terkini tentang ilmu pengetahuan agama maupun ilmu umum lainnya, karena mutu Ponpes harus dijaga, termasuk kesehatan para santri dan santriwati.



"Saya bangga karena majelis ini tidak mengurangi hikmah yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW dan mengingat ajarannya. Di Sumsel ini salah satu penyebab kita bisa bersatu teguh sebagai daerah Zero Konflik karena adanya tepo seliro yang sangat luar biasa antar semua umat beragama," ujar HD.

Sementara itu, Ketua DPP Forpess Sumsel, KH Jamingan menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru yang telah menyempatkan hadir langsung pada kegiatan Peringatan Hari Santi Nasional tahun 2020 itu.

"Atas nama Ketua Forpess kami menyampaikan terima kasih kepada bapak gubernur dan para pimpinan Ponpes yang telah hadir," ucapnya.



Perlu diketahui bahwa kepengurusan Forpess Sumsel sudah berjalan dua tahun sejak dilantik pada tahun 2018 lalu. Menurut KH Jamingan, dari 14 Desember 2018 lalu hingga saat ini Forpess sudah ada di beberapa kabupaten/kota di Sumsel dan keseluruhan telah melaksanakan musyawarah daerah dan pemilihan Ketua Forpess masing-masing daerah.

"Kami juga mengapresiasi dan berterima kasih bahwa tahun 2020 ini Bapak Gubernur Sumsel H Herman Deru telah memberikan bantuan kepada seluruh Ponpes yang ada di Sumsel dengan jumlah mencapai 416 Ponpes. Termasuk juga bantuan dana operasional Ponpes di Sumsel," pungkasnya.

Turut hadir Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Najib, Kepala Biro Kesra Provinsi Sumsel, Abdul Hamid dan para pimpinan Ponpes di Sumsel.
(atk)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top