Seru, Gibran-Teguh dan Bagyo-Supardjo Bakal Debat Penanganan COVID-19

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:34 WIB
loading...
Seru, Gibran-Teguh dan Bagyo-Supardjo Bakal Debat Penanganan COVID-19
Kantor KPU Solo nampak dari depan. Foto/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Dua pasangan calon Wali-Wakil Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung PDIP dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) dari jalur independen bakal melakukan debat terbuka soal penanganan COVID-19.

Ketua KPU Solo Nurul Sutarti mengatakan, pihaknya besok baru akan menentukan panelis debat melalui rapat pleno. Sedangkan moderatornya terdapat tiga kandidat, yakni merupakan penyiar televisi swasta nasional. "Nanti akan kami tentukan dua diantaranya tiga (penyiar televisi swasta nasional)," kata Nurul Sutarti saat dihubungi SINDOnews, Minggu (25/10/2020). (Baca juga: Debat Gibran vs Penjahit di Pilwalkot Solo Diminati 2 Stasiun Televisi Nasional)

Sedangkan panelis berasal personel yang ikut dalam diskusi kelompok terfokus yang dilaksanakan KPU saat belanja masalah atau merumuskan materi debat. Namun, dia masih enggan membeberkan nama nama yang dimaksud. Nama nama itu akan ditentukan KPU melalui rapat pleno. (Baca juga: Ini Lho Persiapan Gibran Jelang Debat Terbuka Pilwalkot Solo)

Materi debat adalah kebijakan strategis terkait kebijakan strategis penanganan COVID-19. Tema itu dipilih karena suasana Pilkada kali ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya.

Debat terbuka pertama Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo bakal digelar 6 November 2020 di Hotel Sunan Solo. Selain disiarkan dua stasiun televisi nasional, debat juga akan disiarkan langsung secara live streaming media sosial (medsos) KPU Solo. Di antaranya melalui facebook dan instagram. Debat terbuka hanya mengundang pasangan kandidat tanpa pendukung.

Ruangan yang akan dipergunakan debat terbuka dibatasi maksimal 50 orang guna mengantisipasi kerumunan dan penyebaran COVID-19. Pihaknya juga tengah menjajaki agar debat terbuka bisa disiarkan melalui radio. Sehingga diharapkan makin banyak masyarakat yang mengetahui kegiatan debat itu.

Debat terbuka rencananya akan digelar dua jam mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Sedangkan debat kedua dijadwalkan digelar tanggal 2 atau 3 Desember 2020. Perlu diketahui, debat terbuka Pilwalkot Solo sangat menarik perhatian publik. Sebab salah satu kandidat, Gibran Rakabuming Raka merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)