Ini Lho Persiapan Gibran Jelang Debat Terbuka Pilwalkot Solo

loading...
Ini Lho Persiapan Gibran Jelang Debat Terbuka Pilwalkot Solo
Calon Wali Kota Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka usai menghadiri pelantikan dan pengukuhan tim pemenangan Gibran-Teguh dari PAN, Minggu (18/10/2020). Foto/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
SOLO - Calon Wali Kota Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka telah menyiapkan diri dalam menyambut debat terbuka Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo, 6 November 2020. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini telah melaksanakan simulasi debat terbuka.

“Sudah siap, simulasi sudah,” kata Gibran Rakabuming Raka usai menghadiri pelantikan dan pengukuhan tim pemenangan Gibran-Teguh dari PAN, Minggu (18/10/2020). Dia mengaku belum mengetahui materi debat pertama nanti apakah bidang pendidikan, kesehatan, atau lainnya. (Baca juga: Blusukan Virtual, Gibran Dapat Keluhan Banjir Hingga Usaha Lele)

Meski demikian, suami Selvi Ananda ini mengaku mempelajari semua materi. Dalam setiap simulasi debat yang dilaksanakan, Gibran juga melibatkan akademisi, para para seniornya. (Baca juga: KPU Solo Serahkan Bahan Kampanye Paslon di Pilwalkot Solo)

Gibran mengaku bersama Teguh Prakosa sudah siap untuk tampil dalam debat terbuka Pilwalkot Solo. Namun ia enggan membeberkan berapa kali kegiatan debat dilaksanakan. “Ada lah beberapa kali,” ucapnya.



Saat ditanya apakah juga mempelajari seni berbicara di depan umum agar tampil menawan saat debat, Gibran mengaku apa adanya dan tidak ada perubahan. Debat terbuka Calon Wali Kota Solo antara pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa melawan pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) bakal menarik perhatian publik.

Kedua pasangan yang maju dalam Pilwalkot Solo ini memiliki latar belakang yang berbeda jauh. Gibran yang merupakan putra sulung Presiden Jokowi maju melalui PDIP berpasangan dengan politisi kawakan Solo, Teguh Prakosa.

Sedangkan lawannya adalah Bagyo Wahyono-FX Supardjo dari jalur independent. Keduanya memiliki latar belakang masyarakat biasa, yakni hanya berprofesi sebagai penjahit dan Ketua RW. Bahkan 2 stasiun televisi swasta telah mengajukan diri agar bisa menayangkan acara debat.



Dalam kesempatan sebelumnya, kubu pasangan Bajo mengklaim sangat siap melaksanakan debat terbuka melawan pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa.

Pasangan yang maju melalui jalur independent ini telah melaksanakan beberapa simulasi sebelum acara debat resmi digelar. Ketua Tim Pemenangan pasangan Bajo, Sigit Prawoso mengatakan, pemantapan terus dilakukan dalam rangka menuju debat calon.

Simulasi telah dilakukan beberapa tahap, diantaranya mengenai hal hal yang berkaitan dengan pemerintahan. “Juga berkaitan dengan hak kepala daerah,” ungkap Sigit.

Dalam persiapan debat terbuka, pasangan Bajo banyak dibantu oleh mantan mantan birokrat yang mengetahui mengenai unsur unsur pemerintahan. Pemahaman terkait materi pemerintahan menjadi salah satu fokus mengingat pasangan Bajo memiliki latar belakang tukat jahit dan ketua RW. Setelah melalui simulasi simulasi, pasangan Bajo kini telah sangat siap.
(shf)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top