Peringati Hari Santri, Remaja Masjid di Majalengka Gelar Khotmil Quran

loading...
Peringati Hari Santri, Remaja Masjid di Majalengka Gelar Khotmil Quran
Sejumlah anggota IRMAS Nurul Huda mengikuti Khotmil Quran. Foto/Ist
MAJALENGKA - Sejumlah acara digelar dalam rangka Hari Santri Nasional , Kamis (20/10/2020). Khotmil Quran bil Jamaah (menghatamkan Alquran berjamaah) dalam satu malam adalah salah satu programnya.

Hal itu seperti yang dilakukan oleh Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Nurul Huda, Desa Bantarwaru, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat . Bertempat di Masjid Jami' desa setempat, pengurus IRMAS bersama masyarakat umum menggelar hataman Alquran pada Kamis malam, selepas Salat Isya.

Divisi Pendidikan dan Dawah IRMAS Nurul Huda Maelina Kamaliyah mengatakan, dalam pelaksanaannya, Khotmil Quran tersebut sifatnya terbuka untuk umum. Namun, khusus bagi anggota IRMAS, mereka diwajibkan ikut.
BACA JUGA: Peringati Hari Santri Nasional, Ibas Bagikan WiFi Gratis

"Tujuannya ya, dalam rangka menyemarakan Hari Santri, sekaligus peringatan Maulid Nabi," kata Maeli kepada SINDONews, Kamis (22/10/2020).

Untuk teknis, jelas dia, masing-masing peserta Khotmil Quran membaca satu Juz Alquran. Untuk pembacaan Alquran sendiri dilakukan secara bersama-bersama, tidak estafet.



"Satu orang (baca) satu Juz, dibaca bareng-bareng. Untuk ngaji satu Juz itu sekitar 30 sampai 45 menit lah. Sebelum mulai (ngaji), diawali dengan tawasulan tahlil (dzikir)," papar dia.
BACA JUGA: Hari Santri Nasional, Jokowi Singgung Perjuangan Kiai Hasyim Asyari

Sementara, selain Khotmil Quran, peringatan Hari Santri juga diisi dengan pembacaan Salawat Nariyah secara berjamaah. Pembacaan Salawat itu dilakukan kalangan Nahdliyin sebagai tindak lanjut dari anjuran PBNU.
(vit)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top