Musim Hujan Tiba Tinggi Muka Air Citarum Mulai Naik, Waspada Banjir

loading...
Musim Hujan Tiba Tinggi Muka Air Citarum Mulai Naik, Waspada Banjir
Banjir merendam kawasan Kecamatan Baleendah. Bencana banjir terjadi setiap tahun melanda kecamatan ini. Foto/Dok
BANDUNG - Musim hujan tiba, curah hujan di sejumlah daerah di Indonesia termasuk Jawa Barat meningkat. Kondisi ini menyebabkan tinggi mukai air (TMA) atau debit sungai mulai naik, seperti Sungai Citarum.

Sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Barat pun mulai menunjukkan peningkatan debit air setelah sepekan terakhir kawasan Bandung Raya (Kota/Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Cimahi), diguyur hujan intensitas sedang dan lebat. (BACA JUGA: Regulator Tabung Gas 3 Kg Picu Ledakan, 1 Warga Luka dan 4 Rumah Rusak)

Menyikapi situasi tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mengimbau warga di kecamatan langganan banjir, Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, Majalaya, Solokan Jeruk, Rancaekek, dan Banjaran, untuk siaga. (BACA JUGA: Bertahun-tahun, Kakek di Tasikmalaya Tanam Ganja di Atap Rumah untuk Dijual dan Dipakai Sendiri)

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bandung Hendra Hidayat mengatakan, pada Selasa (20/10/2020), hujan intensitas sedang mengguyur kawasan Bandung Raya dari sekitar pukul 17.00 WIB hingga 21.00 WIB. Air hujan tersebut bermuara ke Sungai Citarum. (BACA JUGA: Warga Berdesakan dan Terinjak, Pencairan Bantuan Presiden di Tasikmalaya Ricuh)



"Pada saat itu, BPBD mencatat TMA Sungai Citarum di Kecamatan Dayeuhkolot mencapai 5 meter. Namun hingga Rabu (21/10/2020) pagi, belum ada laporan banjir. Hanya genangan atau cileuncang di beberapa titik," kata Hendra.

Sementara itu, BPBD Jabar mencatat, pada Oktober 2020, beberapa daerah, seperti Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, Pangandaran, telah memasuki musim hujan. Sedangkan Bandung, Garut, Ciamis, Banjar pada November mendatang.

Kabupaten Karawang, Subang, Indramayu, akan memasuki musim penghujan pada akhir November dan awal Desember 2020. BPBD pun lakukan pemetaan bencana, berdasarkan beberapa kejadian bencana alam yang terjadi di tahun 2019, di Jabar.



Daerah zona merah bencana alam tanah longsor meliputi Kota/Kabupaten Bogor, Purwakarta, Bandung Barat, Sumedang, Tasikmalaya, dan Ciamis. Sedangkan yang rawan banjir bandang, Bogor, Purwakarta, dan Sumedang.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top