1 Tahun, Bawaslu Majalengka Siap Gelar SKPP Empat Kali

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:43 WIB
loading...
1 Tahun, Bawaslu Majalengka Siap Gelar SKPP Empat Kali
Foto/Ilustrasi/SINDOnews/dok
A A A
MAJALENGKA - Bawaslu sudah menggelar Sekolah Kader Pengawasan Partisipan (SKPP) sebanyak tiga kali dalam kurun waktu sekitar satu tahun. Kegiatan serupa akan segera digelar beberapa waktu ke depan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka Agus Asri Sabana mengatakan, SKPP sebelumnya masing-masing dilaksanakan oleh Bawaslu tingkat kabupaten hingga pusat.

"SKPP pertama diselenggarakan Bawaslu Provinsi, kedua oleh kabupaten dan terakhir oleh pusat. Nah nanti, yang akan datang ini diselenggarakan provinsi lagi dan dilakukan secara daring," kata Agus, Rabu (21/10/2020).

SKPP ke empat yang dihelat provinsi nanti, jelas dia, ada perbedaan dalam hal kepesertaan, dibanding SKPP sebelumnya. Pada pelaksanannya nanti, para peserta SKPP merupakan rekomendasi dari kabupaten. (Baca juga: Diterpa Pandemi Selama Tujuh Bulan, Peneliti: 80% Warga Mengaku Alami Stres)

"Provinsi minta rekomendasi sebanyak lima orang, tapi nanti diambilnya tiga orang. Nah, lima orang itu merupakan peserta terbaik dari SKPP sebelumnya. Tiap kabupaten dan kota di Jabar nantinya mengirimkan tiga orang," jelas dia.

Agus menyebutkan, SKPP yang dihelat beberapa kali itu tidak terlepas dari keinginan Bawaslu untuk menciptakan masyarakat yang lebih peduli lagi dalam hal pengawasan Pemilu. (Baca juga: Ibu Muda Nyaris Melahirkan di Pos Pantau Tol Cipularang)

"Diarahkannya jadi mitra pengawas pemilu, bukan pengawas (petugas Bawaslu). Dari lahirnya para kader itu, membuka jejaring baru di lingkungannya, baik kampus, komunitas, atau masyarakatnya untuk memberi pemahaman arti pengawasan," papar dia.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)