Tangki Gas Pabrik Kimia di India Alami Bocor, 5 Tewas dan 1.000 Dirawat di RS

Kamis, 07 Mei 2020 - 23:01 WIB
loading...
Tangki Gas Pabrik Kimia di India Alami Bocor, 5 Tewas dan 1.000 Dirawat di RS
Sedikitnya lima tewas dan ribuan lainnya dirawat di rumah sakit akibat kebocoran tangki gas di pabrik kimia India. Foto/WFTV
A A A
NEW DELHI - Setidaknya ada 5 orang tewas dan 1.000 lainnya dirawat di rumah sakit setelah terjadi kebocoran gas di pabrik bahan kimia di pantai timur India.

Pihak berwenang mengatakan jumlah korban tewas kemungkinan akan bertambah.

Menurut seorang perwira polisi setempat kebocoran gas itu berasal dari dua tangki berkapasitas 5.000 ton yang tidak dijaga karena penguncian (lockdown) virus Corona sejak akhir Maret lalu.

Rekaman video di saluran televisi India menunjukkan orang-orang, termasuk wanita dan anak-anak, berbaring di jalan-jalan Visakhapatnam, sebuah kota pelabuhan industri di negara bagian Andhra Pradesh.

"Kami dapat mengkonfirmasi sedikitnya lima kematian saat ini. (Korban) lebih banyak akan dikonfirmasikan nanti," ucap seorang asisten komisaris polisi di Visakhapatnam, Swaroop Rani, seperti dikutip dari AFP, Kamis (7/5/2020).

Pabrik yang dioperasikan oleh LG Polymers terletak di pinggiran Visakhapatnam. Kota dan daerah sekitarnya adalah rumah bagi sekitar lima juta orang.

"(Gas) ditinggalkan di sana karena penguncian. Itu menyebabkan reaksi kimia dan panas terjadi di dalam tangki, dan gas bocor karena itu," terang Rani.

Ia mengatakan penduduk setempat membunyikan alarm sekitar pukul 3:30 pagi,

"Mereka mengatakan ada gas di udara," katanya.

"Kami tiba di sana segera. Orang bisa merasakan gas di udara dan tidak mungkin bagi kita untuk tinggal di sana lebih dari beberapa menit," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3494 seconds (0.1#10.140)