Penghuni Wyata Guna Sembuh dari COVID-19, Layanan Kembali Dibuka

Senin, 19 Oktober 2020 - 17:19 WIB
loading...
Penghuni Wyata Guna Sembuh dari COVID-19, Layanan Kembali Dibuka
Kadinkes Kota Bandung Rita Verita. Foto/Humas Pemkot Bandung
A A A
BANDUNG - Para penghuni Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna Bandung, Jalan Pajajaran, Kota Bandung , Jawa Barat, yang sebelumnya terpapara COVID-19, kini telah dinyatakan sembuh.

Hal itu dipastikan setelah Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung melakukan swab test ulang terhadap orang-orang yang terpapar. Hasilnya, mereka semua sudah negatif atau sembuh dari COVID-19. (BACA JUGA: Kerajaan Sunda Pajajaran yang Tak Bisa Ditaklukan Majapahit dan Singasari )

Kepala Dinkes Kota Bandung Rita Verita mengatakan, pemeriksaan tes usap atau tes swab kedua sudah dilakukan kepada sejumlah orang yang sebelumnya terkonfirmasi COVID-19 di BSRPSDN Wyata Guna yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial (Kemensos) itu.

"Sudah dicek ulang tidak ada yang positif lagi. Diswab (tes usap) negatif semua," kata Rita kepada wartawan, Senin (19/10/2020). (BACA JUGA: Ridwan Kamil Bersyukur, Zona Merah di Jabar Tinggal 2 Daerah )

Sementara itu, Kepala BRSPDSN Wyata Guna Bandung, Darsono mengatakan kini Wyata Guna sudah mulai dibuka dan kembali beraktivitas normal. (BACA JUGA: Penghuni Positif COVID-19, Wyata Guna Bandung Tutup Sementara )

"Para pegawai Wyata Guna juga sudah mulai kembali bekerja WFO (bekerja di kantor). Pembukaan sejumlah fasilitas dilakukan bertahap," kata Darsono.

Dengan adanya peristiwa itu, Darsono memastikan pihaknya bakal terus menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan ketat. Adapun sebelumnya temuan kasus positif COVID-19 di Wyataguna itu menurutnya buah dari pemeriksaan tes usap secara inisiatif untuk memastikan kesehatan warga Wyataguna.

"Kemarin pemeriksaan swab (tes usap) itu untuk memastikan supaya tidak ada penyebaran COVID-19 lebih luas dan juga sebagai upaya pencegahan kami," ujar Darsono.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengelola BRSPDSN Wyata Guna Bandung, Jalan Pajajaran, Kota Bandung menutup sementara layanan selama 14 hari. Keputusan ini dilakukan lantaran ada sejumlah penghuninya positif COVID-19.

Kepala BRSPDSN Wyata Guna Darsono mengemukakan, sejumlah penghuni BRSPDSN Wyata Guna Bandung diketahui ketika dilakukan rapid test. Untuk memastikan, dilakukan tes swab kepada seluruh orang di Wyata Guna pada Senin 5 Oktober 2020 lalu. Hasilnya keluar Selasa 6 Oktober 2020. Hasilnya ada penghuni yang positif COVID-19.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2276 seconds (0.1#10.140)