Pembangkit Pariwisata Sabang, KMP. Aceh Hebat 2 akan Hadir di Lintasan Ulee Lheue - Balohan

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 10:56 WIB
loading...
A A A
Dengan peresmian KMP Aceh Hebat 2, maka sampai pertengahan Oktober ini, dua unit kapal roro pesanan pemerintah Aceh telah hampir rampung dibikin. Hal itu juga menjadi penanda pelayaran antar-pulau di Aceh akan segera terlayani dengan baik. Apalagi kapal itu menjadi kapal pertama yang dimiliki langsung oleh rakyat Aceh.

"KMP Aceh Hebat ini kapal pertama yang dibangun sendiri dengan uang masyarakat Aceh. Ukurannya relatif besar dengan desain yang up-to-date," kata Nova.

Pembangunan KMP Aceh Hebat dimulai sekitar bulan Februari 2020. Pandemi covid-19 membuat kekhawatiran bahwa pembangunan transportasi laut tersebut akan terkendala. Namun perusahaan yang dipercaya mengerjakan proyek bisa menjamin pembangunan kapal tidak terganggu dan selesai tepat waktu.

Aceh Hebat 1, 2 dan 3 merupakan tiga kapal roro yang dipesan pemerintah Aceh untuk meningkatkan konektivitas antar pulau. Aceh Hebat 1 akan melayari lintasan barat ke Pulau Simeulue, Aceh Hebat 2 melayari Balohan Sabang – Pelabuhan Ulee Lheu dan Aceh Hebat 3akan melayani rute Singkil – Pulau Banyak.

Aceh hebat 1 yang berkapasitas 1.300 GT dikerjakan oleh PT Multi Ocean Shipyard. Sedangkan Aceh Hebat 2 yang memiliki bobot 1.100 GT, dikerjakan oleh PT Adiluhung Saranasegara di Bangkalan Madura. Terakhir, Aceh Hebat 3 yang berbobot 600 GT dikerjakan oleh PT Citra Bahari Shipyard di Tegal.
(atk)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)