Wakil Wali Kota Palembang Apresiasi Kesigapan Siloam Hospitals Palembang Hadapi Covid-19

Rabu, 06 Mei 2020 - 19:00 WIB
loading...
Wakil Wali Kota Palembang Apresiasi Kesigapan Siloam Hospitals Palembang Hadapi Covid-19
Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengunjungi ruangan khusus penangananan pasien terpapar Covid-19 yang rampung dibangun manajemen Siloam Hospitals Palembang, Selasa (05/05/2020).(Foto/Ist)
A A A
PALEMBANG - Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengunjungi ruangan khusus penangananan pasien terpapar Covid-19 yang rampung dibangun manajemen Siloam Hospitals Palembang,Selasa (05/05/2020).

Ruangan itu dilengkapi dengan alat-alat khusus, dan dibentuk secara terpisah dengan area rumah sakit.

"Secara langsung kehadiran kami di sini untuk memastikan kesiapan pihak Siloam Hospitals Palembang guna mendukung pemerintah menghadapi Pandemi Covid 19. Saya memberi apresiasi yang tinggi, Siloam bekerja sangat cepat dan sangat terukur. Kesiapan fasilitas yang kami lihat saat ini sudah sangat membantu dalam menangani pasien yang terinfeksi agar cepat kembali sehat," ucap Fitrianti Agustinda.

Pada hasil peninjauan, ruangan khusus terletak secara terpisah dari bangunan utama rumah sakit. Ruangan khusus yang didirikan hasil kerja sama pihak Lippo ini berkapasitas 60 bed. Di antaranya 15 bed ruang ICU dengan 5 unit fasilitas ventilator. Adapun tempat ruang rawat bagi pasien dalam pengawasan sejumlah 42 kamar.

Ditempat yang sama, Hospitals Direktor Siloam Hospitals Palembang, dr. Bona Fernando mengatakan kesiapan tenaga medis. Pihaknya mengalokasikan tenaga khusus untuk pasien Covid dari SDM yang khusus.

"Idealnya, untuk ruangan yang kami siapkan, minimal ada 1 dokter umum, 2 perawat untuk setiap bangsal (tergantung jumlah pasien) dan 1 dokter spesialis standby," beber Bona Fernando.

Akan biaya perawatan pasien Covid-19, Bona Fernando menambahkan, pasien dirawat dengan dua skema pembiayaan.

"Untuk pembiayaan, kami menerima pasien BPJS dan non-BPJS. Kemenkes juga bisa membiayai, namun apabila pasien masuk dalam kriteria yang telah ditentukan Kemenkes, " imbuhnya menjelaskan.

Untuk diketahui, Kota Palembang memiliki 1 juta penduduk. Menyinggung faktor resiko adanya Pandemi Covid-19 dengan menimbang resiko terpapar, sedikitnya satu persen dari total jumlah penduduk tersebut, tentu hasilnya tidak sepadan dengan ketersediaan jumlah fasilitas rumah sakit dalam penanganan Covid-19.

Karenanya sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah kota dan penanganan, Siloam Hospitals Palembang turut ikut berperan serta, salah satunya membangun ruangan khusus guna penanganan pasien Covid-19.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)