Foto Mantan Fotografer Persebaya Dipakai Eri Cahyadi Tanpa Izin

Rabu, 14 Oktober 2020 - 04:55 WIB
loading...
Foto Mantan Fotografer Persebaya Dipakai Eri Cahyadi Tanpa Izin
Karya mantan fotografer Persebaya, Jonathan Yohvinno. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Calon Wali Kota Surabaya , Eri Cahyadi sudah lama berupaya dekat dengan kelompok bonek. Itu ia tunjukkan dengan unggahannya di media sosial yang beratribut Persebaya Surabaya . Namun ada sejumlah unggahan foto yang diduga asal mengambil. Termasuk mengambil foto karya mantan fotografer Persebaya, Jonathan Yohvinno.

(Baca juga: Pelaku Begal Payudara Mahasiswi Dibekuk Polsek Percut Sei Tuan )

Vino, begitu ia akrab disapa, tercatat menjadi offisial Persebaya Surabaya sejak 2018. Ia mengawali karir sebagai fotografer sampai kemudian dipercaya sebagai media officer. Kini, Vino keluar dari Persebaya Surabaya dan berkarir di Jakarta.

Nah, melalui akun media sosialnya Vino mengunggah sebuah pernyataan tentang foto-fotonya yang dipergunakan Calon Wali Kota Surabaya , Eri Cahyadi . Ada beberapa foto yang diunggah Eri Cahyadi , yang itu justru tidak pernah diunggah Vino di akun media sosialnya.

"Beberapa hari terakhir saya mendapatkan banyak sekali pesan dari rekan-rekan di Surabaya . Pesan tersebut menanyakan perihal foto di atas. Jujur saya tidak tahu-menahu soal foto tersebut karena seingat saya waktu itu saya diminta foto oleh salah satu staff Persebaya yang tujuannya untuk report ke Pemkot," tulis Vino sambil merepost unggahan dari akun Eri Cahyadi (@ericahyadi_).

(Baca juga: Ambil Paksa Jenazah COVID-19, Aktivis Banyuwangi Ditahan Polisi )

"Ternyata sekarang saya tahu, foto tersebut diunggah di Instagram pribadi tanpa izin dari saya maupun Persebaya. Sekarang saya sudah tidak di Persebaya, jadi seluruh karya saya selama bekerja di Persebaya adalah properti Persebaya. Seperti halnya saya meluruskan ketika ada akun fanbase yang memasang foto saya dan Persebaya tanpa izin. Mohon Pak @ericahyadi_ juga meminta izin kepada @officialpersebaya untuk memasang foto itu. Mohon pencerahannya Pak Eri," tutup Vino.

Penjelasan Vino di stories IG-nya itu tentu mengingatkan publik akan perseteruan Bonek dan Eri Cahyadi . Eri Cahyadi pernah menjanjikan Karanggayam untuk kompetisi internal Persebaya Surabaya , tapi malah diusir dari sana. Padahal, itu adalah kawah candradimuka pemain-pemain muda Persebaya.

Persebaya pun tidak pernah bisa berlatih di Stadion Gelora 10 Nopember Surabaya saat Eri menjabat sebagai kepala Bappeko Surabaya . Padahal, stadion yang dikenal dengan Stadion Tambaksari itu adalah markas legendaris Bajol Ijo. (Baca juga: Menabuh Periuk Nasi di Tengah Pandemi )

Menanggapi soal foto, juru bicara Eri Cahyadi , Ahmad Hidayat mengutarakan, bahwa foto tersebut diterima oleh pihak Eri Cahyadi secara langsung dari manajemen Persebaya. Eri Cahyadi diberi foto dalam kapasitas sebagai kepala Bappeko Surabaya. Pemberian foto oleh manajemen Persebaya dilakukan tanpa perantara siapapun.

"Manajemen memberikan foto itu agar bisa diunggah oleh Eri Cahyadi di akun pribadi sebagai bentuk dukungan bagi Persebaya Surabaya yang sedang bertanding di turnamen, pada 7 Maret 2019. Yang artinya lebih dari setahun lalu alias jauh sebelum pencalonan Eri Cahyadi dalam Pilkada Surabaya . Unggahan tersebut bukan dalam rangka kampanye," tegasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)