Bobby Bakal Minta Pusat Biayai Pembuatan Tanggul Sebesar Rp1,6 Triliun di Medan Utara

Selasa, 13 Oktober 2020 - 06:04 WIB
loading...
Bobby Bakal Minta Pusat Biayai Pembuatan Tanggul  Sebesar Rp1,6 Triliun di Medan Utara
Calon Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution. (Foto/Ist)
A A A
MEDAN - Calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution akan mendesak pemerintah pusat penyelesaian masalah banjir rob , dan pembuatan tanggul berbiaya Rp1,6 triliun di Medan Utara.

Hal ini disampaikannya saat mengikuti webinar via zoom, dari Media Center Tim Pemenangan Bobby-Aulia di Jalan Cik Ditiro Medan ini, Senin (12/10/2020),

Bobby menjelaskan, terkait masalah banjir, kewenangan pemerintah pusat ada pada 4 sungai besar yang ada di Medan, Sungai Deli, Sungai Belawan, Sungai Babura, dan Sungai Denai. (BACA JUGA: Direktur Televisi Swasta Tewas Setelah Alami Kecelakaan Tunggal)

Kemudian, tiga sungai kecil, Sungai Bedera, Sungai Selayang dan Sungai putih yang merupakan saluran primer, kewenangan dan pengelolaan sungai di pemerintah pusat melalui BBWS.

Untuk mengatasi masalah banjir di daerah medan utara, jelasnya, solusinya adalah membangun tanggul rob atau bendungan. Dan mengatasi masalah ini diperlukan koordinasi dengan pemerintah pusat karena pembiayaan yang sangat besar, yaitu Rp 1,6 triliun.

"Makanya saya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk membantu pembuatan tanggul berbiaya Rp 1,6 triliun ini,” jelasnya dalam kegiatan Webimar bertajuk Menuju Medan Yang Bersih, Sejuk, dan Nyaman. (BACA JUGA: Pesta Kemenangan Penggemar Lakers Saat Pandemi Dibubarkan Polisi)

Dalam kegiatan yang dihadiri sekitar 100 peserta ini, Bobby mengungkapkan dalam madalah banjir, kewenangan pemerintah kota (Pemko) hanya dalam menangani masalah drainase. Untuk permasalahan yang hingga kini tak kunjung selesai di Medan, ada tiga solusi yang ditawarkan Bobby dan tim.

Yang pertama normalisasi sungai sekaligus maintenance yang dilakukan pemerintah pusat, berkoordinasi dengan provinsi dan kota. Kedua, revitalisasi perbaikan drainase oleh Pemko Medan, diantaranya pembuatan biopori, pembuatan sumur resapan, dan pembuatan kolam resapan atau retention pond. Dan yang ketiga adalah penanaman kembali hutan bakau.

"Jika normalisasi dan revitalisasi ini tidak segera dilakukan, maka akan terjadi backwater (aliran balik). Karenanya harus segera dilakukan," ungkap Bobby.

Selain masalah banjir, dalam webinar berdurasi 3 jam ini, Bobby juga memaparkan misi menjadikan Medan Bercabang (bersih, cantik taka da lubang), Medan Tanpa Macet, Medan Bersih, penyelesaian masalah tenaga kerja, juga UMKM dengan program Medan Sakasanwira (satu kelurahan, satu sentra kewirausahaan), Medan Sehat, Medan Pintar serta Pembangunan Destinasi Wisata Terintegrasi. (BACA JUGA: Inilah 4 Ranjau Darat Paling Mematikan dan Mengerikan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)