Potensi Wisata Kawasan Utara Gunungkidul Perlu Didongkrak

Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:49 WIB
loading...
Potensi Wisata Kawasan Utara Gunungkidul Perlu Didongkrak
Sunaryanto Bersama istri saat bersama warga kerja bakti membersihkan rintisan wisata Bukit Watu Gede, Sinom, Kalurahan Kedungpoh Kapanewonan Nglipar. FOTO : SINDOnews/Suharjono
A A A
GUNUNGKIDUL - Potensi wisata di Gunungkidul masih didominasi kawasan pantai dan beberapa destinasi lain di sisi selatan. Padahal wilayah utara kabupaten terluas di DIY ini juga sangat potensial terus didorong menjadi destinasi wisata utama.

Hal tersebut disampaikan calon bupati yang diusung Golkar dan PKB Sunaryanto. Saat melakukan kunjungan di beberapa wilayah utara Gunungkidul, dia optimistis bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata unggulan.

"Memang ada yang terkenal seperti Gunung Api Purba Nglanggeran. Objek ini harus terus didorong dengan penataan infrastruktur dan sarana penunjang dan sentuhan seni sehingga mengasyikkan dikunjungi di malam hari," terangnya kepada wartawan Rabu (7/10/2020).

Tidak hanya itu, kawasan Patuk, Nglipar dan sekitarnya juga menyimpan potensi besar untuk bisa dikembangkan sebagai kawasan wisata berbasis pemandangan alam. Dengan konsep wisata berbasis pemberdayaan masyarakat, upaya mengangkat pariwisata sektor utara bisa dilakukan.

"Salah satu sentuhan bisa dengan memasang lampu sorot menuju puncak Nglanggeran misalnya. Ini menjadikan puncak gunung api Purba menjadi lebih menarik di malam hari," ulasnya.(Baca juga : Buktikan Kemiskinan Tinggi, Sunaryanto Blusukan hingga ke Dapur Warga )

Begitu juga dengan sentuhan sentuhan seni di beberapa destinasi wisata sisi utara Gunungkidul. Dengan adanya sentuhan seni maka akan mudah mengangkat ke kancah nasional. Dengan demikian menjadikan potensi lain yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah utara.

"Pengembangan sektor pariwisata harus menyeluruh. Artinya pemerintah nantinya mempunyai peran besar sebagai fasilitator untuk menarik wisatawan tinggal lebih lama di Gunungkidul. Sehingga wisatawan tidak hanya berkunjung ke pantai saja. Di sektor utara juga banyak yang menarik. Seperti Gunung Api Purba Nglanggeran, Patuk, Watu Gede Kedongpoh Nglipar, Embung Sriten dan masih banyak potensi lain yang sebenarnya mampu kita jual kepada wisatawan tentu dengan konsep dan kemasan yang menarik,” ucapnya.

Menurutnya, kawasan utara dapat dikemas menjadi wisata malam. Artinya, wisata malam bukanlah wisata negatif, namun wisata yang memanfaatkan ketinggian untuk menikmati Gunungkidul di malam hari. “Wisata keluarga di malam hari menikmati keindahan Gunungkidul bagian utara dari sejumlah lokasi wisata yang notabene lebih tinggi lokasinya ini menjadi konsep berwisata baru. Ini akan mendongkrak lama stay wisatawan di Gunungkidul ,” lanjut dia.

Untuk itu akses dan infrastruktur harus disiapkan dengan baik. Dengan perbaikan infrastruktur, maka akses menuju lokasi lebih mudah sehingga memudahkan promosi wisata.(Baca juga : Suhu Politik Gunungkidul Menghangat, Perusakan APK Mulai Terjadi )

"Setelah infrastruktur, untuk mengenalkan juga butuh strategi, tidak asal promosi, namun konsep promosi wisata harus dikemas dengan baik perlu hubungan sinergis media baik media lokal nasional. Yang mau melakukan promosi adalah media, " tandas Cabup yang juga didukung Partai Perindo ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)