Buktikan Kemiskinan Tinggi, Sunaryanto Blusukan hingga ke Dapur Warga

Kamis, 01 Oktober 2020 - 08:21 WIB
loading...
Buktikan Kemiskinan Tinggi, Sunaryanto Blusukan hingga ke Dapur Warga
Calon Bupati Gunungkidul Sunaryanto saat blusukan di Kapanewon Tepus. Foto : SINDOnews/Suharjon
A A A
GUNUNGKIDUL - Hingga saat ini Gunungkidul menjadi kabupaten dengan angka kemiskinan tertinggi di DIY. Calon Bupati Gunungkidul Sunaryanto pun mengaku risih dengan julukan tersebut dan langsung berusaha membuktikan kondisi di lapangan.

Cabup yang diusung Golkar dan PKB ini langsung blusukan bahkan hingga ke dapur warga miskin untuk melihat kondisi kemiskinan dan akar persoalan yang dihadapi.( )

Langkah blusukan ini sudah dilakukan di Kecamatan Patuk dan Kecamatan Tepus. Sunaryanto yang didukung Partai Perindo ini langsung menuju rumah rumah warga.

Diapun sempat kaget melihat masih banyaknya rumah yang belum layak huni karena lantai masih tanah dan kondisi rumah yang belum ideal. Bahkan tidak sungkan dia masuk dapur dan melihat langsung makanan warga di pedesaan Gunungkidul.

"Saya sengaja melakukan kegiatan blusukan. Ternyata banyak pekerjaan yang harus dikerjakan untuk mengenakan kemiskinan. Dan ini menjadi prioritas utama pasangan kami," ucap Sunaryanto, Kamis (1/10/2020).( )

Dijelaskannya, kondisi kemiskinan di Gunungkidul harus segera dicarikan solusi untuk segera dipecahkan. Hingga akhir tahun 2019 lalu, kata dia, jumlah warga miskin sebesar 16,61%.

"Jadi ini sebuah prosentase yang masih besar, diperlukan langkah cepat selain program bantuan sosial yang sudah ada . Untuk yang rentan termasuk lansia memang bantuan sosial, namun untuk yang lain butuh pemberdayaan berbasis ekonomi kerakyatan," ulasnya.

Selain melihat kondisi kemiskinan dia juga mengaku banyak melihat potensi lokal yabg bisa dijadikan solusi mejibgjatkan perekonomian warga. Sunaryanto kemudian menyontohkan banyaknya produk produk pedesaan di Gunungkidul. Mulai dari kerajinan baik batik, kayu, bambu, hingga makanan olahan.

"Potensi itu besar, namun semua terkendala pemasaran. Nah tugas ke depan adalah menciptakan pasar. Ini sangat penting, inovasi masyarakat Dengan produk lokal harus difasilitasi hingga pemasaran. Tidak bisa hanya sebatas bisa memproduksi saja, " kata dia.

Untuk itu strategi marketing termasuk bagaimana sistem digital marketing harus dikuasai. Tidak hanya itu, keberanian mendatangkan buyer guna mengangkat produk Gunungkidul juga penting dilakukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2794 seconds (0.1#10.140)