Prajurit Belanda Terdiam, Atas Kuasa Alloh, Kiai Marogan Tunjukkan Ada Ikan Dalam Buah Kelapa

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 05:01 WIB
loading...
Prajurit Belanda Terdiam, Atas Kuasa Alloh, Kiai Marogan Tunjukkan Ada Ikan Dalam Buah Kelapa
Masjid Ki Marogan.Foto/Palembang Tourism
A A A
BAGI masyarakat Palembang, Sumatera Selatan, kiai Marogan atau yang lebih dikenal warga Palembang sebagai Ki Marogan adalah ulama karismatik yang memiliki karomah luar biasa. Hingga kini, cerita tentang karomah ulama bernama asli Masagus H Abdul Hamid bin Masagus H Mahmud terus dirawat oleh masyarakat Palembang dan sekitarnya.

(Baca juga: Kisah Pertarungan Sengit Santri Tebu Ireng Melawan Dukun Sakti Kebo Ireng)

Salah satu karomah Ki Marogan yang sangat terkenal adalah tentang ikan seluang (ikan kecil yang hidup di sungai Musi) yang ada di dalam buah kelapa.

(Baca juga: Misteri Pertarungan Surontanu Lawan Joko Tulus, Dua Murid Pesantren Berbeda Jalan)

Ceritanya, pada tahun 1911 Pada saat itu, Ki Marogan sedang berceramah di Mesjid Ki Muara Ogan Kertapati. Suara beliau terdengar dengan sangat lantang, ”Bumi berserta isinya adalah milik Allah,”. Semua jamaah mendengarkan dengan khusyuk, termasuk prajurit Belanda yang mengawasi kegiatan Ki Marogan.

Kembali terdengar apa yang disampaikan Ki Marogan pada jamaah, ”Kekuasaan Allah itu adalah maha besar, jika ia berkata jadi maka jadilah ia,”. Penuh perhatian sekali jamaah menyimaknya, sehingga kembali terdengar seruannya, ”Allah mengetahui apa-apa yang tidak di ketahui oleh manusia,”

Seorang hadirin bertanya,”Guru, apa misalnya kekuasaan Allah yang tidak mungkin di ketahui oleh manusia itu ?

“Begini,” kata Ki Marogan sambil ia berdiri dihadapan para jamaahnya. ”Misalnya tiap-tiap ada air didalamnya selalu akan ada ikannya,”. Mendengar itu, spontan seorang prajurit Belanda yang tengah mengawasi Ki Marogan tiba-tiba berkata,”Bagaimana dengan air kelapa, apakah ada juga ikannya?,”

“Insya Allah jika Allah menghendaki maka ikan itu akan ada,” tegas Ki Marogan sembari mulut tetap berkomat- kamit menyebut nama Allah.

Serta-merta prajurit itu pandangannya mengarah keluar mesjid, ”Apakah kelapa itu juga ada ikanya?,” kembali prajutit itu menunjukan pada sebuah pohon kelapa yang ada di luar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3323 seconds (11.210#12.26)