Warga Terimbas COVID-19 di Sekitar Markas Brigif 15 Kujang II Diberi Bantuan Sembako

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 04:31 WIB
loading...
Warga Terimbas COVID-19 di Sekitar Markas Brigif 15 Kujang II Diberi Bantuan Sembako
nggota TNI dari Brigif 15 Kujang II beserta Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XL Brigif 15 Kujang II saat membagikan paket sembako secara door to door ke warga langsung, Jumat (2/10/2020). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
CIMAHI - Personel Brigif 15 Kujang II beserta Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XL Brigif 15 Kujang II membagikan 100 paket sembako secara door to door, di Kampung Ubug RW 16 Kelurahan Baros, Jumat (2/10/2020).

Aksi tersebut untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 dan meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan pokok selama pandemi berlangsung.

Komandan Brigif 15 Kujang II Kolonel (Inf) Budiawan Basuki melalui Pasiter Brigif 15 Kujang II Kapten (Inf) Darsono Edi Susilo mengatakan, kegiatan pembagian sembako dilakukan untuk membantu masyarakat yang kehilangan mata pencaharian atau ekonominya terdampak COVID-19. (BACA JUGA: Mengenang Amir Hamzah, Tokoh Pujangga Baru yang Ditangkap dan Dihabisi Pasukan Pesindo)

Bantuan sembako yang diberikan berupa telur, beras, mie instan, dan gula pasir, per paket seharga Rp150.000 dengan total jumlah 100 paket.

"Bantuan sembako ini disebarkan ke warga sekitar Brigif hingga Alun-alun Cimahi. Seperti yang berprofesi sebagai pedagang asongan, petugas parkir, dan warga kurang mampu lainnya," tuturnya.

Anggaran kegiatan pembagian sembako berasal dari uang pribadi komandan dan swadaya para personel yang ingin membantu dan berbagi ke masyarakat. Selain sembako, warga pun dibagikan masker untuk dipakai sebagai bagian protokol kesehatan untuk pencegahan penularan COVID-19. (BACA JUGA: Operasi Yustisi 2020 Pencegahan Covid-19)

"Meski kemampuan kita sedikit namun diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan," kata dia.

Di tempat yang sama, Ketua Persit KCK Cabang XL Brigif 15 Kujang II Nora Budiawan menyebutkan, kegiatan tersebut bersamaan dengan agenda rutin Jumat Berkah Persit KCK Cabang XL Brigif 15 Kujang II. Jika biasanya kegiatan Jumat Berkah digelar minimal sebulan sekali, maka dalam kondisi pandemi frekuensi kegiatan tersebut ditingkatkan menjadi seminggu sekali jika sedang tidak ada kegiatan.

Dirinya mengajak seluruh anggota untuk meningkatkan aktivitas sedekah dalam kondisi pandemi saat ini. Bantuan berupa sembako dipilih untuk disalurkan karena hal tersebut merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Termasuk juga membagikan masker dan hand sanitiser, juga sambil sosialisasi protokol kesehatan. (BACA JUGA: Memodifikasi Mobil Desa Jadi Kendaraan Taktis TNI dan Polisi)

"Prioritas adalah warga sekitar markas Brigif 15 Kujang II yang dekat dengan kita. Mereka juga sering terdampak kalau ada kegiatan di Brigif sehingga layak dapat perhatian, apalagi yang ekonomi menengah ke bawah dan tidak berpenghasilan tetap," tuturnya.

Salah seorang warga yang mendapat bantuan Aminah (57) mengaku senang dengan adanya bantuan sembako tersebut. Paling tidak bisa dipakai untuk menyambung hidup selama beberapa hari ke depan. Terlebih dia kini sudah berhenti bekerja sebagai pembantu rumah tangga akibat adanya COVID-19. "Sangat terbantu, dulu pernah dapat dari pemerintah beras dan sekarang dapat sembako," ujarnya.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)