Bupati Muba Warning Wilayah Rawan Karhutbunla

loading...
Bupati Muba Warning Wilayah Rawan Karhutbunla
Bupati Muba Warning Wilayah Rawan Karhutbunla. Foto/Ist
MUBA - Pemkab Musi Banyuasin (Muba) terus berupaya maksimal melakukan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan kebun dan lahan (karhutbunlah) di wilayahnya.

Bupati Muba, Dodi Reza Alex mengatakan, penanganan dan pencegahan karhutbunlah yang maksimal di Muba tersebut ditandai dengan menurunnya secara drastis hot spot di wilayah Muba.

"Jangan lengah, meski saat ini titik panas menurun drastis. Tim di lapangan harus terus siaga," ucapnya di sela Apel Kesiapsiagaan Personel dan Peralatan Penanggulangan Karhutbunlah Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2020 di Lapangan Bola Kaki Dusun III Desa Galih Sari Kecamatan Lalan, Selasa (29/09/2020).

Dodi juga mengingatkan agar kepada semua pihak terutama masyarakat Muba di daerah rawan karhutbunlah tidak membuka lahan dengan cara membakar.



Begitu juga dengan perusahaan jika ada yang tidak mengikuti standar dalam penyiapkan sarana dan prasarananya dengan baik.

"Tentu akan ada sanksi tegas berupa sanksi pidana menanti jika ada yang melanggar. Mari secara bersama kita jaga alam Muba ini," tegasnya.

Dodi juga meminta agar di setiap Kecamatan untuk selalu melaporkan data hot spot secara berkala serta melakukan evaluasi.



"Camat wajib siaga di tempat, intinya jangan anggap remeh potensi karhutbunlah yang tentu dapat merugikan masyarakat banyak," urainya. (Baca juga: Asik, Pemkot Palembang Siapkan 2.000 Vaksin Rabies Gratis)

Lanjutnya, upaya yang terus dilakukan dalam pencegahan dan penanganan karhutbunlah di Muba diantaranya terus melakukan sinkronisasi antara satgas provinsi dengan kabupaten, membagi habis tugas pengendalian karhutbunlah dengan melibatkan stakeholder terkait baik provinsi, kabupaten dan kecamatan.

Termasuk Menerapkan sanksi tegas kepada pelaku yang membuka lahan apabila ada yang membuka lahan dengan cara membakar. (Baca juga: Masyarakat Sumsel Kian Minati BBK, Kontribusi ke PAD Meningkat)

Sementara itu, Dandim 0401 Muba, Letkol Arh Faris Kurniawan didampingi Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya mengatakan, jumlah titik panas di wilayah Muba saat ini menurun drastis.
(boy)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top