Ini Tol Manado-Bitung yang Diresmikan Presiden Jokowi Siang Ini

loading...
Ini Tol Manado-Bitung yang Diresmikan Presiden Jokowi Siang Ini
Ini Tol Manado-Bitung yang Diresmikan Presiden Jokowi Siang Ini. Foto/SINDOnews/Cahya Sumirat
MANADO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan meresmikan Jalan Tol Manado-Minut-Bitung pada hari ini, Selasa (29/09/2020) siang.

Presiden Jokowi akan meresmikan tol yang telah lama ditunggu-tunggu masyarakat Sulut tersebut secara virtual. (Baca juga: Persiapan Mudik Lebaran, Kakorlantas Survei Tol Manado-Bitung)

Terpantau sejak pagi ruas jalan menuju pintu masuk Jalan Tol Minahasa Utara dan Bitung dari Ringroad Manado sudah terlihat rapi. Tampak berjejer umbul-umbul terkait peresmian tersebut. (Baca juga: Jokowi Bicara Persiapan Teknis Vaksin, DPR: Tunggu WHO)

Susana pintu masuk yang biasanya dipadati warga untuk berolahraga kini tampak sepi. Tak ada satupun kendaraan yang terparkir di sana. Padahal biasanya setiap hari puluhan kendaraan roda empat maupun roda dua terpakir. Warga Manado memanfaatkan jalan tol tersebut sebagai lokasi yang banyak dikunjungi.



Dijadwalkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeliono akan hadir di lokasi jalan tol Manado-Minut-Bitung tersebut.

Seperti diketahui Gubernur Ollly Dondokambey menggenjot pihak pelaksana agar jalan tol ini cepat tuntas. Saar rencana peresmian yang sempat tertunda Juli lalu Olly telah memantau langsung terkait kesiapan jalan tol tersebut.

Jalan Tol Manado-Minut-Bitung nerupakan jaringan jalan yang memiliki panjang panjang 39 Km dengan total nilai investasi Rp6,19 triliun.



Pengerjaannya terdiri 2 seksi, yaitu Seksi 1 (14 km) dibiayai oleh dana APBN dan dana pinjaman dari Pemerintah China.

Seksi 2 (25 km) dibiayai oleh investor PT Jasamarga Manado Bitung. Saat beroperasi penuh, jalan tol ini akan memangkas waktu perjalanan dari Manado—Bitung, yang sebelumnya diperlukan waktu 1 jam-1,5 jam menjadi 40 menit-50 menit.
(nth)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top