Terancam Banyak Napi di Rutan Baturaja Tak Terdaftar di DPT

Senin, 28 September 2020 - 15:07 WIB
loading...
Terancam Banyak Napi di Rutan Baturaja Tak Terdaftar di DPT
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BATURAJA - Pemilih di Rutan Baturaja banyak terancam tidak bisa menyalurkan hak pilihnya pada pemilihan pilkada serentak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Pasalnya banyak narapidana (napi) yang berada di sana yang tak mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Komisioner KPU Bidang Perencanaan Data dan informasi Rahmad Hidayat menjelaskan untuk data penghuni lapas yang diserahkan ke pihaknya mencapai 183 orang. Namun, dari jumlah itu hanya 98 orang yang data elemenya lengkap maksutnya memiliki NIK yang terdaftar di Disdukcapil OKU.

"Yang bisa masuk ke DPS hanya 98 orang itu setelah kami cek, jadi saat ini kami masih berkoordinasi ke Disdukcapil OKU," ucap Rahmad ditanya usai acara uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS), Selasa (28/9/2020). (BACA JUGA: Pakar Epidemi: Ayo Pak Jokowi Pimpin Langsung Komando Kendali Pandemi)

Memang dipemilih Rutan Baturaja, kata Rahmad banyak elemen datanya tidak lengkap. "Untuk yang lain tidak terlalu ada persoalan. Kalau lapas ini mereka menyampaikan tidak lengkap, kita akan proyeksikan DPSHP dan koordinasi dengan Capil,"katanya.

Seraya mengatakan pihaknya melakukan uji publik DPS ini melibatkan PPK dan saat ini setiap PPS sudah membuka posko pengaduan.

"Uji publik ini mendorong partisipasi warga, sebab DPS mencapai 258543 orang, untuk DPT bisa bertambah hingga penetapan DPT. Sejauh ini sudah ada masyarakat yang mengunjungi pps duntuk dimasukan daftar pemilih tetap," katanya.

Terpisah Kepala Rutan Baturaja Royhan Al Faisal melalui Mirullah Kadubsi Pelayanan Tahanan membenarkan pihaknya telah menyerahkan data sebanyak 183 tahanan yang mempunyai hak pilih, namun jumlah itu bisa bertambah jelang pelaksanaan pilkada. (BACA JUGA: Tragis, Man City Jadi Mangsa Pasukan Rubah di Kandang Sendiri)

"Jadi kalau jumlanya 183 orang memang kami sudah menerima informasi banyak yang tidak terdata NIK nya hanya 98 dari jumlah itu. Setelah kami melakukan pengecekan lagi sampai saat ini 120 orang yang sudah tedata," ujarnya.

Mirullah berharap Napi yang berada di Rutan Baturaja bisa mendapatkan hak pilihnya pada pesta Demokrasi ini. "Untuk TPS nya Rutan masuk TPS 18," kata dia.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1806 seconds (0.1#10.140)