Himasa Kampus UBSI Bogor Sukses Gelar Webinar SMITEAC

Senin, 28 September 2020 - 09:57 WIB
loading...
Himasa Kampus UBSI Bogor Sukses Gelar Webinar SMITEAC
Himasa Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Bogor telah sukses melangsungkan Webinar SMITEAC transformasi bisnis. (Foto/Ist)
A A A
BOGOR - Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (Himasa) Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Bogor telah sukses melangsungkan Webinar SMITEAC transformasi bisnis bertajuk ‘Perkembangan Bisnis Seiring Revolusi Industri 4.0 ’ secara daring melalui kanal zoom cloud meetings, Sabtu (26/9/2020).

Webinar SMITEAC transformasi bisnis ini dilaksanakan untuk menyiapkan jiwa kewirausahaan yang inovatif dan kreatif agar dapat meningkatkan intensi berwirausaha.

Dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya yakni R.M. Tedy Aliudin selaku dosen UBSI yang juga menjabat sebagai ketua Lembaga Pengembangan Usaha Kadin Indonesia ini dipandu oleh Silvera Dame Junita Siburian. (BACA JUGA: Pakar Epidemi: Ayo Pak Jokowi Pimpin Langsung Komando Kendali Pandemi)

Tedy memaparkan materi mengenai perkembangan bisnis seiring revolusi industri, serta edukasi mengenai kiat berwirausaha dimasa pandemi covid-19.

“Pada masa pandemi seperti saat ini kegiatan berwirausaha sangat perlu didukung oleh kekuatan digital dan strategi bisnis yang baik agar dapat tetap bersaing dan mengimbangi perkembangan bisnis yang sedang terjadi,” tuturnya.

Tedy mengatakan bahwa kondisi dunia usaha Indonesia saat ini sangat dipengaruhi oleh revolusi industry era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity), dan pandemi covid-19. Hal tersebut mengakibatkan keterpurukan ekonomi yang berdampak pada penurunan Produk Domestik Bruto (PDB) pada lapangan usaha.

“Oleh sebab itu para UMKM harus memiliki 3 hal utama untuk mengimbangi perkembangan bisnis saat ini, yaitu kompetensi, jaringan pasar, dan permodalan,” pungkasnya. (BACA JUGA: Tragis, Man City Jadi Mangsa Pasukan Rubah di Kandang Sendiri)

Tidak hanya pemaparan materi saja, para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada narasumber, salah satunya adalah Adrianus Rexy dari kampus UBSI Pontianak, yang menanyakan tentang peran pengganti manusia dengan robot di era revolusi industri 4.0 serta naiknya tingkat pengangguran di masa pandemi ini.

“Dengan diadakannya webinar ini, semoga para peserta yang telah berpartisipasi dapat memahami materi yang telah disampaikan oleh narasumber dan dapat menerapkan ilmunya untuk berwirausaha, serta terciptanya generasi muda yang memiliki wawasan, pengetahuan, dan kemampuan untuk bersaing dalam perkembangan teknologi saat ini,” ujar Siti Masripah, Pembina Himasa Kampus UBSI Bogor.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)