Pemprov Sumsel Kucurkan Rp144 Miliar untuk Infrastruktur di Empat Lawang

Senin, 28 September 2020 - 04:07 WIB
loading...
Pemprov Sumsel Kucurkan Rp144 Miliar untuk Infrastruktur di Empat Lawang
Pemprov Sumsel Kucurkan Rp144 Miliar untuk Infrastruktur di Empat Lawang. Foto/Ist
A A A
EMPAT LAWANG - Pemprov Sumsel mengucurkan dana sebesar Rp144 miliar untuk pembangunan infrastruktur mulai dari stadion hingga jalan dan jembatan di Empat Lawang.

Sebanyak Rp9 miliar diantaranya untuk pembangunan stadion mini, dan Rp134 miliar untuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan di daerah yang dikenal penghasil durian tembaga ini.

"Ada Rp144 miliar dari provinsi yang diberikan untuk kabupaten ini," ujar Gubernur Sumsel Herman Deru sat peletakan batu pertama pembangunan stadion mini dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Empat Lawang.

Bantuan untuk pembangunan stadion tersebut merupakan dana yang berasal dari CSR PT Bukit Asam untuk Provinsi Sumsel.

"Kita tidak asal-asalan dalam membangun, termasuk untuk olahraga ini. Saya ingin Indonesia ini memiliki club sepakbola yang membanggakan, namun akan lebih bangga lagi jika pemainnya berasal dari Sumsel," katanya.

Sementara soal infrastruktur jalan yang saat ini akan dilakukan pembenahan, menurut Deru, jalan tersebut secara tanggung jawab kewenangannya ada di bawah Pemkab Empat Lawang.

"Namun saat ini kita ambil alih untuk ditingkatkan. Ini menandakan adanya ke kompakan antar kepala daerah," terangnya.

Disisi lain, dia menerangkan, jika dalam kurun waktu 2 tahun belakangan dirinya memang fokus melakukan pembangunan yang merata di Sumsel.

"Saat ini 90 persen konektivitas sudah tercapai. Target kita akhir 2020 ini bisa selesai semuanya," katanya.

Pada kesempatan itu, selain meninjau jalan yang akan ditingkatkan, HD juga meninjau Asphalt Mixing Plant (AMP) atau unit produksi campuran aspal. (Baca juga: Tiga Daerah di Sumsel Rawan Konflik Pilkada)

AMP merupakan seperangkat peralatan mekanik dan elektronik dimana agregat dipanaskan, dikeringkan dan dicampur dengan aspal untuk menghasilkan campuran aspal panas yang memenuhi persyaratan tertentu.

Sementara Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad mengatakan, pembangunan stadion di lahan seluas 2,5 hektare tersebut akan berdampak besar untuk perkembangan olahraga di Kabupaten Empat Lawang. (Baca juga: Perkuat Ketahanan Pangan Saat Pandemi dengan Aquaponik Budikdamber)

"Kami sangat berterima kasih, termasuk juga bantuan peningkatan akses jalan ini tentu akan mempermudah masyarakat dalam berekonomi," pungkasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4152 seconds (0.1#10.140)